Macam-Macam Hidangan Lebaran

Mei 27, 2017
Di hari lebaran memang selalu dibanjiri oleh berbagai makanan khas lebaran yang lezat. Ketupat dan opor merupakan menu wajib di hari lebaran. Karena itu sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Selain itu semua ada beberapa  makanan lain yang bisa menjadi pilihan anda untuk disajikan saat lebaran nanti, diantaranya:

  • Serundeng
Makanan ini merupakan sajan yang sering ada dan berdampingan dengan opor ayam. Serundeng ini juga sering digunakan sebagai pelengkap hidangan lain seperti rendang dan ayam goreng. Serundeng terbuat dari daging kelapa yang diparut kemudian diberi bumbu kemudian di goreng hingga kuning kecoklatan.


  • Gulai nangka
Gulai nangka merupakan makanan khas dari daerah Medan. Gulai nangka ini akan lebih lezat jika dihidangkan bersama potongan iga sapi. Untuk membuat gulai nangka anda harus memilih nangka muda yang masih segar. Kupas nangka di bawah air yang mengalir dan potong dengan pisau yang sudah diolesi minyak terlebih dahulu. Cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan getah dari nangka tersebut.


  • Soto banjar
Sesuai dengan namanya, soto ini berasal dari daerah Banjarmasin. Pada umumnya soto disajikan dengan kuah santan. Namun berbeda dengan soto Banjar ini, memiliki kuah yang bening namun rasanya tetap lezat. Komposisinya hampir sama dengan soto yang lainnya yang membedakan pada kuahnya saja. makanan ini sangat cocok disajikan bagi anda yang sedang menghindari makanan bersantan. 

  • Sambal goreng krecek kacang tolo
Sesuai dengan namanya makanan ini memiliki komposisi udang, kacang tolo dan krecek atau kerupuk kulit sapi. Semua bahan tersebut dimasak dengan kuah santan yang gurih membuat makanan ini menjadi hidangan yang ditunggu-tunggu ketika lebaran. Rendam terlebih dahulu kacang tolo agar lebih empuk ketika di masak.

Itulah beberapa makanan khas lebaran yang sering menjadi pilihan para ibu dan keluarga. jika anda masih bingung dalam memilih makanan untuk lebaran, anda bisa mengunjungi blanja.com. toko online tersebut menyediakan makanan lebaran terlengkap dan termurah. Hal ini tentunya sangat menguntungkan karena kita tidak perlu cape-cape masak dan lebih praktis.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »