Tips Sehat Memilih Makanan Lebaran

Mei 28, 2017

Tidak terasa bulan Ramadhan akan segera tiba. Dengan begitu sebentar lagi kita juga akan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Berbagai persiapan mesti dilakukan mulai dari makanan hingga pakaian. Makanan khas lebaran memang identik mengandung santan, lemak protein dan karbohidrat yang tinggi. Selain itu juga selalu tersedia juga kue-kue lebaran yang manis-manis dan sebagainya. Memang lezat-lezat dan rasanya kita tidak mampu berhenti untuk memakannya. Terlepas dari itu semua kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh kita dengan cara:
  • Waspada santan
Menu khas di saat lebaran selalu identik dengan makanan yang mengandung santan seperti opor, rendang dan lain sebagainya. menu tersebut memang sangat menggiurkan dan nikmat saat di santap. Namun perlu anda ketahui bahwa makanan tersebut mengandung kolesterol yang jika dimakan terlalu banyak akan memperngaruhi kesehatan tubuh anda. Untuk itu waspadalah terhadap menu makanan yang bersantan, jika suka boleh menyantapnya asal jangan berlebihan.
  • Perhatikan porsi makan
Jangan terlalu memaksakan jika memang perut anda sudah merasa kenyang. Karena jika dipaksakan akan berpengaruh pada kesehatan lambung anda. setelah sebulan penuh berpuasa, lambung anda perlu beradaptasi dengan waktu pola makan yang normal. Lakukan secara pelan-pelan dan sedikit-sedikit agar lambung anda tidak kaget.
  • Perhatikan pola makan
Kalau perlu anda bisa menyajjikan pasta atau roti selain ketupat dan opor. Menu ini sangat cocok bagi anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes. Jika ingin menghidangan menu sayur, anda bisa membuat salad, gado-gado dan lain sebagainya. Sehingga di Hari Lebaran anda bisa tetap menjaga kesehatan anda. jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah yang tinggi akan serat yang akan membantu anda melancarkan sistem pencernaan.
  • Minum air putih
Jangan lupa untuk minum air putih yang banyak. hindari untuk minum softdrink atau minuman manis lainnya. Ada baiknya jika  minum jus buah dan minuman yang mengandung buah segar seperti sop buah dan sebagainya.

Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi anda. Kunjungilah blanja.com yang menyediakan berbagai makanan khas lebaran yang lengkap. Apapun bisa anda temuka disana. selain lebih praktis juga lebih murah dan terjangkau.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »