Tips Aman Mudik Dengan Kendaraan Pribadi

Juni 21, 2017
Invisible. Apakah Anda sekarang sedang dalam perjalanan mudik, atau bersiap-siap untuk mudik dengan kendaraan pribadi?. Jika memang Anda sedangan atau akan mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan selalu utamakan keselamatan dalam perjalanan mudik Anda.
Ketika Anda mudik dengan cara yang benara dan berhati-hati saat dalam perjalanan, maka sudah dipastikan Anda bisa sampai ke kampung halaman Anda dan berkumpul dengan keluarga besar Anda. Karena mudik sudah menjadi sebuah hal yang wajar saat lebaran, maka banyak sekali kendaraan yang dalam kurun waktu H-10 atau H-5 lebaran itu banyak sekali kendaraan pribadi yang sedang dalam perjalanan mudik.

Dalam mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk keselamatan perjalanan mudik Anda, berikut ini tipsnya:
  • Selalu periksa kondisi kendaraan Anda.
Kondisi mesin merupakan hal yang wajib demi kelancaran perjalanan Anda, dan memperkecil hal-hal yang buruk terjadi. Seperti mesin tua, yang tidak mungkin dipaksa untuk perjalanan lintas provinsi.
  • Berhentilah ketika mesin sudah terlalu panas.
Hal ini memperkecil kemungkinan kerusakan pada mesin, karena mesin yang telalu panas malah akan membuat mesin itu rusak.
  • Periksa rantai motor Anda.
Jika Anda para pemudik dengan kendaraan bermotor yang bergigi, selalu perhatikan kondisi rantai, jangan terlalu kencang dan jangan pula terlalu kendor, demi kenyamanan dalam perjalanan.
  • Periksa kondisi roda.
Saat roda sudah mulai halus, akan lebih baik untuk diganti sebelum perjalanan, demi untuk menghindari pecah ban saat perjalanan.
  • Bawalah barang bawaan secukupnya.
Untuk pengendara bermotor, janganlah membawa barang berlebihan, sesuaikan dengan kapasitas yang ada dalam motornya, begitu juga dengan pengendara mobil. Hal ini agar ada tempat yang renggang dalam kendaraan, supaya pengendara tidak merasa cepat lelah.
  • Hindari jalan Toll.
Bagi pengendara mobil, selalu lihat berita mengenai jalan toll yang akan dilalui, hal ini agar selalu tahu kondisi jalan tollnya apaka macet atau tidak. Dan ketika macet segeralah hindari jalan bebas hambatan tersebut.
  • Carilah jalan pintas.
Ini memudahkan untuk perjalanan mudik Anda, dan menghindari macet sekaligus bisa mempercepat waktu perjalanan.
  • Berhentilah ketika sudah lelah.
Hal ini berguna bagi semua pengendara, baik motor maupun mobil. Karena salah satu penyebabnya kecelakaan adalah pengendara yang capek namun memaksakan tetap melakukan perjanan.
  • Lengkapi surat-surat kendaraan.
Dengan melengkapinya, makan Anda juga akan terhindar dari pelanggaran lalu lintas, juga demi keselamatan Anda.
  • Berdoalaha seblum berangkat.
Ini merupakan cara agar kita selalu diberikan keselatan saat perjalanan nanti, karena Tuhan akan menjaga hambanya yang selalu ingat akan Tuhan-Nya.

Hal-hal tersebutlah yang mesti menjadi perhatian bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, semoga dengan memperhatikan hal-hal tersebut bisa memperkecil kejadian buruk pada perjalanan Anda. Semoga bermanfaat..

Artikel Terkait

Previous
Next Post »