Sudahkah Anda Melakukan Investasi Deposito Berjangka?

Juli 16, 2017

Apakah sudah ada sesuatu yang Anda investasikan?. Mungkin jawaban Anda sebagian sudah ada yang diinvestasikan untuk masa depan yang lebih baik dari sekarang. Namun, apakah Anda sudah melakukan hal yang dinamakan investasi deposito berjangka?. Bisa jadi jawaban Anda ada yang sudah melakukan investasi tersebut dan ada juga yang mungkin belum melakukan yang namanya investasi dengan model deposito berjangka ini.

Sebelumnya, apakah yang dimaksud dengan investasi? Berikut pejelasannya. Investasi adalah suatu proses belajar untuk mengetahui lebih jauh kegiatan investasi. Yang dimaksudkan "investasi" adalah menempatkan uang atau modal demi hasil atau bunga dengan cara membeli properti,emas, valas, saham obligasi, dan lain-lain. Jadi bisa disimpulkan bahwa investasi merupakan sebuah usaha dalam mencari keuntungan dengan menukarkan dengan sebuah barang demi mendapatkan laba dari barang yang dimilikinya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan bahwa invéstasi merupakan penanaman uang atau modal dl suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Secara umum investasi dapat diartikan sebagai meluangkan atau memanfaatkan waktu, uang atau tenaga demi keuntungan atau manfaat pada masa datang. Jadi, dapatlah dikatakan investasi merupakan membeli sesuatu dan diharapkan pada masa yang akan datang dapat dijual kembali dengan nilai yang lebih itnggi dari semula.

Setelah mengenal arti dari investasi, sekarang arti dari deposito berjangka. Sebenarnya, kata deposito berjangka ini sering didengar oleh banyak orang, karena sering dilakukan oleh sebagian masyarakat dalam mengelola keuangannya. Namun sebelumnya kita bahas dulu mengenai deposito sendiri.

Deposito adalah merupakan sebuah produk penyimpanan uang dalam Bank yang juga dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), yang menjamin keamanan uang Anda ketika disimpan dalam Bank. Dengan begitu uang yang Anda simpan tidak akan mengalami hal yang di luar keingainan Anda yang membahayakan uang Anda.

Kemudia makna dari deposito berjangka adalah sebuah jenis tabungan berjangka yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu-waktu tertentu, tidak bisa dilakukan setiap waktu. Deposito berjangka diterbitkan bisa dengan atas nama perorangan maupun atas nama lembaga. Uang yang disimpan, hanya bisa diambil ketika jatuh tempo oleh pihak yang tertera pada bilyetnya.

Deposito sendiri memilki beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, diantaranya:
  • Suku bunga lebih tinggi dibandingkan jenis tabungan yang biasa
  • Uang aman karena perlindungan dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)
  • Memiiliki resiko yang lebih rendah dari jenis tabungan lainnya
  • Mudah diakses, dimanapun dan kapanpun serta oleh siapapun
  • Dapat dijadikan jaminan kredit
  • Syarat untuk mendapatkan deposito sendiri relatif lebih mudah
Setelah melihat dari pengertian diatas mengenai investasi dan juga model deposito berjangka, apakah Anda sudah mulai ada keinginan untuk melakukan investasi deposito berjangka itu sendiri?. 

Investasi dengan cara deposito berjangka ini bisa membantu Anda dalam hal keuangan karena dengan keunggulan-keunggulan dari investasi yang dilakukan. Investasi dengan model deposito berjangka ini memaksimalkan dan Anda melalui rekening deposito berjangka rupiah atau bahkan mata uang asing yang menawarkan suku bunga menarik dengan tenor atau jangka waktu yang sangan leluasa. Bayangkan saja waktu yang bisa Anda dapatkan dalan jangka waktu tersebut adalah antara 7 hari hingga 12 bulan , dan bahkan tersedia dalam berbagai pilihan mata uang asing.

Dalam sebuah usaha pastinya memilki sebuah keunggulan yang bisa didapatkan bagi pihak-pihak yang terkait dalam usaha tersebut, salah satunya investasi dengan model deposito berjangka ini. Dalam investasi deposito berjangka ini memiliki keunggulan-keunggulan yang bisa Anda dapatkan, diantaranya:
  • Pokok dan bunga bisa diperpanjang secara otomatis (Automatic Rollover/ARO), tanpa harus ribet-ribet mengurusinya, karena sudah otomatis melakukannya dengan sedirinya.
  • Deposito bisa digunakan sebagai jaminan untuk fasilitas kredit atau secured overdraft, artinya bisa digunakan untuk hal lainnya yang membantu Anda.
  • Tersedia fasilitas rekening gabungan (joint account). Bisa dikatakan Anda mendapatkan keuntungan yang ganda, karena hanya dengan satu langkah saja bisa banyak keuntungan yang Anda dapatkan.
  •  

Itulah sekilas mengenai gaya invesatasi dengan model deposito berjangka, yang bisa Anda lakukan untuk memberikan keuntungan yang lebih dari usaha yang Anda lakukan, salah satunya dengan melakukan investasi berbagai benda yang bisa memunculkan manfaat bagi diri Anda sendiri.semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »