Jangan Asal Daftar Beasiswa! Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Mendaftar

September 04, 2017
Beasiswa adalah sebuah program pendanaan yang diberikan oleh sebuah institusi kepada sekelompok siswa atau mahasiswa yang memenuhi persyaratan penerima beasiswa. Dalam hal ini, beasiswa tidak diberikan oleh sembarang orang. Ada ketentuan - ketentuan khusus bagi pendaftar agar dapat diterima dalam program beasiswa khusunya beasiswa dalam negeri. Apabila Anda ingin mendaftar beasiswa, maka perhatikan hal - hal berikut :

  • Pelajari Visi Institusi
Bagaimanapun beasiswa diberikan oleh institusi atau perusahaan dengan visi tertentu. Ketika Anda berniat mendaftar beasiswa dalam negeri, satu hal ini sangat penting untuk Anda pelajari. Ya, Anda wajib mencari tahu visi apa yang ingin dicapai oleh intitusi tersebut dalam pemberian beasiswa. 

Biasanya visi ini tidak jauh - jauh dari tujuan perusahaan itu di didirikan. Gali informasi sebanyak - banyaknya, Perhatikan juga apakah visi tersebut sesuai dengan yang anda harapkan. Beberapa institusi mengharuskan mahasiswa atau siswa penerima beasiswa, bekerja di institusi tersebut selepas lulus dari bangku pendidikan. Sehingga anda harus cermat memilih beasiswa yang sesuai.


  • Jangan Remehkan Pengisian Data
Jangan pernah meremehkan setiap alur pendaftaran yang harus Anda jalani. Termasuk pengisian data. Hal ini sangat penting dan sangat menentukan apakah Anda pantas mendapat beasiswa tersebut atau tidak. Isi form secara utuh dan mendetail termasuk pengalaman organisasi, pengalaman kepanitian, dan lain - lain. Pastikan tidak ada typo dan lakukan sesempurna mungkin sejak awal.

  • Buatlah Essay Sebaik Mungkin
Apabila terdapat persyaratan essay pada beasiswa dalam negeri yang ingin Anda daftari. Maka niatkan untuk membuat essay sebai mungkin. Rencana studi yang Anda tulis harus jelas dan lengkap tidak terlalu melebar yang justru akan mengurangi penilaian. Jelaskan juga rencana penelitian yang Akan Anda lakukan sertakan juga kontribusi apa yang Akan anda berikan. Buat semenarik mungkin dan meyakinkan.

  • Persiapkan Diri Untuk Menghadapi Wawancara
Wawancara merupakan penilaian puncak dimana Anda dapat dikatakan lolos atau tidak. Sehingga persiapkan dengan matang sebelum menghadapi wawancara. Persiapkan apa saja yang ingin anda sampaikan dan ketika sudah waktunya presentasi, Buat semeyakinkan mungkin. Jangan pernah terlihat ragu - ragu atau takut untuk menjawab.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »