Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Menu MPASI

Oktober 08, 2019
Pada saat hamil anda tentunya akan mempersiapkan segala sesuatunya. Selain menyiapkan mental dan fisik yang sehat, anda juga harus mempersiapkan segala keperluan untuk bayi nantinya. Lalu apa saja keperluan bayi tersebut? oleh karena itu dalam tulisan kali ini akan membahas tentang perlengkapan bayi baru lahir dan menu MPASI sebagai berikut ini.

1. Kaos Kaki Dan Sarung Tangan

Perlengkapan bayi ini terkadang oleh sebagian orang tua sangat disepelekan, padahal fungsi dari kaos kaki dan sarung tangan ini cukuplah penting, yakni untuk menjaga kenyamanan pada bayi. Karena kalau kaki bayi merasa kedinginan maka hal tersebut akan membuatnya tidak nyaman yang akhirnya susah tidur. Oleh sebab itu dengan penggunaan kaos kaki dan sarung tangan ini, bisa menghangatkan bayi. Selain menghangatkan, sarung tangan juga bisa melindungi kuku bayi supaya tidak mencakar wajahnya sendiri. Dan sebaiknya anda siapkan 1 lusin untuk setiap jenisnya.

2. Siapkan Popok Bayi

Popok bayi ini berfungsi sebagai celana bagi bayi, dan popok harus segera diganti bila bayi anda kencing atau BAB. Biasanya setiap 2 jam sekali bayi akan kencing, apalagi jika kondisi cuaca sedang dingin, maka bayi akan sering kencing. 

Oleh sebab itu dalam 1 hari sedikitnya anda harus menyediakan 2 lusin popok. Sehingga dalam kesehariannya anda bisa menyiapkan 2 lusin popok untuk digunakan pada hari itu dan 2 lusin lagi dicuci. Dan sebaiknya anda menyediakan popok bayi ini setidaknya sebanyak 3 lusin.

Beberapa Menu MPASI

  • MPASI 6 Bulan Dengan Bubur Pir
Dalam hal ini anda bisa mencoba untuk memberikan buah pir sebagai MPASI bagi bayi anda dengan cara dijadikan bubur. Anda bisa memilih buah pir xiang lie karena sudah memiliki rasa manis yang cukup sehingga anda tidak perlu lagi menambahkan gula sebagai pemanis. Karena memang bayi usia 6 bulan, sebaiknya tidak mengkonsumsi gula dan garam supaya bayi bisa belajar merasakan rasa alami dari buah tersebut. Adapun cara penyajiannya adalah dengan mengupas bagian kulit buah pir, kemudian haluskan dengan menggunakan blender. Mudahkan?.


  • MPASI 6 Bulan Dengan Bubur Pepaya
Selain buah pisang, anda juga bisa menjadikan pepaya ini sebagai pilihan MPASI 6 bulan yang sangat baik untuk diberikan kepada bayi. Karena buah pepaya ini banyak mengandung enzim papain yang berfungsi untuk membantu melancarkan proses pencernaan pada tubuh. Dan buah pepaya ini juga banyak mengandung nutrisi seperti asam folat dan zat besi yang bermanfaat untuk membantu proses perkembangan otak bayi. Ditambah dengan kandungan kalsium serta zink yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pada tulang.

  • Bubur Kacang Panjang
Selain buah-buahan yang bisa bunda berikan kepada bayi sebagai MPASI 6 bulan, anda juga bisa mencoba memberikan makanan yang lain seperti kacang panjang. Karena kacang panjang ini memiliki serat serta vitamin B. Supaya bisa memudahkan bayi untuk mencernanya, anda bisa membuat bubur dengan bahan dasar kacang panjang dan ditambah dengan susu.

  • Oatmeal
Oatmeal yang merupakan makanan berserat tinggi ini bisa dijadikan MPASI bayi 6 bulan dengan cara menghaluskannya dengan menggunakan blender lalu saring supaya halus. Lalu tambahkan air hangat secukupnya serta aduk hingga mengental. Perlu bunda perhatikan, bahwa jangan menggunakan oatmeal instant yang beredar di pasaran, tetapi gunakanlah rolled atau steel cut oats.

Itulah perlengkapan bayi baru lahir dan menu MPASi, semoga ada guna dan manfaatnya bagi anda semua. 

Perkenalkan, saya adalah admin dari websait ini, jadi jika Anda ingin bekerjassama dengan websait in silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »