Melihat Tanda-Tanda Tumbuhnya Gigi Pada Bayi

September 20, 2017
Hallo sahabat Invisible, apa akabar Anda saat ini? Semoga selalu dalam kondisi yang sehat selalu dan baik-baik saja. Apakah Anda sekarang sedang memiliki bayi yang sedang tumbuh giginya? Jika memang sedang tumbuh gigi pastinya bayi Anda selalu rewel dan sering membuat Anda bingung bagaimana cara menenangkannya.

Pada sang bayi pastinya mengalami sebuah pertumbuhan dalam tubuhnya, salah satunya apda gigi sang bayi. Kadang terjadi pertumbuhan gigi pada sang bayi ini berbeda antara sang bayi, ada yang tumbuh pada umur 4 bulan dan ada yang tumbuh mendekati umur 6 bula, dan bisa dikatakan umur 4 hingga 6 bulan merupakan waktu di mana bayi tumbuh giginya. Pertumbuhna bayi ini tidak selalu sama antar sesama bayi, dan bahkan ada juga bayi yang pertumbuhannya memang lambat dibandingkan dengan bayi lainnya. 

Pertumbuhan gigi pada bayi ini selaku orangtua harus tahu bagaimana tanda-tanda yang muncul saat bayi itu akan mengalami tumbuh gignya. Ada beberapa tanda-tanda yang dapat dilihat ketika sang bayi itu tumbuh gigi, dan berikut ini adalah tanda-tanda yang sering muncul saat bayi tumbuh gigi:
  • Bayi mengeluarkna air liur
  • Munculnya ruam pada sekitar wajah sang bayi, atau bisa sampai pada leher sang bayi
  • Batuk pada sang bayi
  • Sering menggigit barang yang ada disekitarnya atau bisa jadi menggigit tangnnya sendiri
  • Manangis karena sakit pada gigi yang pertama muncul
  • Sering manarik telinga, pipi atau dagunya sendiri karea dari tiga posisi tersebut merasakan sakit karena tumbuhnya gigi pada sang bayi
  • Munculnya gumpalan kemerahan pada gusi bawah sang bayi, dan ini bisa hilang dengan sendirinya
  • Sering rewel karena sakit yang dirasakan pada gusi sang bayi
Itulah tanda-tanda yang bisa terlihat pada sang bayi yang sedang tumbuh gigi, dan sebagai orangtua harus menyadari akan tanda-tanda yang terjadi pada sang bayi tersebut. Bagi orangtua tidak selalau tepat dalam mempredisksi pertumbuhan gigi sang bayi, namun ada juga tanda-tanda yang dapat diprediksi oleh orangtua dalam pertumbuhan bayinya. 

Salah satunya adalah saat bayi ersebut rewel dan tidak mudah diam karena rasa sakit dan tidak enak pada gusi yang sedang tumbuh gigi, dan berikut merupakan cara dalam menenangkan bayi yang sedang rewel:
  1. Usap gusi sikecil dengan lembut, dan jangan ditekan dengan keras
  2. Berikan suhu dingin pada gusi, bisa dengan menggunakan kain yang sudah dibasahi dan tempelkan pad gusi bayi.
  3. Selain memberikan makanan yang lembut, kasihlah pada sang bayi makanan yang padat bisa dengan timun atau wortel.
  4. Bersihkan air liur pada bayi dengan menggunakan kain atau tisu agar bayi merasa nyaman pada wajahnya
  5. Ketika gigi pertama tumbuh, bersihkan dengan menggunakan sikat gigi dan secara halus, buka sperti sikap gigi orangtua
Itulah hal-hal yang bisa dilakukan untuk menenangkan bayi yang sedang rewel akibat bayi tumbuh gigi. Selain mengetahui tanda-tanda tumbuhnya gigi sang bayi, juga mengetahui bagaimana menenangkan bayi yang sedang rewel akibat proses pertumbuhan gigi yang membuat bayi tidak nyaman.

Sebagai orangtua haruslah megtahui apa yang diinginkan sang bayi dengan mengetahui tanda-tanda yang muncul pada proses pertumbuhannya, dan jangan sampai kesal pada sang bayi karena membaut Anda tidak nyaman akibat ulah sang bayi. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »