Demi Perkembangan Industri Kehutanan Sukanto Tanoto Bangun Tanoto Forestry Information Center

Agustus 30, 2018
Ya, demi perkembangan di industri kehutanan yang ada di Indonesia, khususnya, Sukanto Tanoto memang membangun Tanoto Forestry Information Center (TFIC). Yang demikian ini dilakukan tentu bukan tanpa alasan, sebab seperti yang kita tahu bersama bahwa Sukanto Tanoto memang hampir tak pernah salah dalam memutuskan segala sesuatunya. Sukanto Tanoto tentu sudah memikirkan dampak yang baik dari pembangunan Tanoto Forestry Infromation Center di Indonesia ini. 

Perlu untuk diketahui bahwa pendiri sekaligus chairman grup Royal Golden Eagle (RGE), Sukanto Tanoto memang terbilang cukup optimis sekali bahwasannya iklim usaha atau bisnis kehutanan di tahun ke depannya diperkirakan akan semakin baik, asal yang demikian tersebut mendapat dukungan dari kebijakan pemerintah setempat. Setelah peresmian Gedung Tanoto Forestry Information Center tahun lalu di Institut Pertanian Bogor, Sukanto Tanoto mengatakan bahwa ia benar – benar yakin sekali bahwasannya di bawah pemerintahan Joko Widodo, dunia bisnis khususnya di industri kehutanan akan jadi lebih baik lagi, asal pemerintah juga menyadari dampak yang ada. 

Demi Perkembangan Industri Kehutanan Sukanto Tanoto Bangun Tanoto Forestry Information Center

Sukanto Tanoto juga menambahkan bahwasannya di industri kehutanan yang ada di Indonesia, berdasarkan jenis – jenis hutannya tersendiri ternyata termasuk sebagai salah satu industri sustainable, sehingga pastinya bisa dikembangkan dengan lebih baik lagi, sebab punya lahan yang mendukung. Sukanto Tanoto juga sangat berharap sekali agar pemerintah juga turut mendorong perkembangan di industri hilir dalam negeri, yang diyakininya akan berdampak yang positif terhadap perkembangan industri nasional ke depannya. Oleh sebab itu, pemerintah setempat pastinya juga perlu sekali mencari keseimbangan antara pengelolaan lingkungan hidup dengan pembangunan perekonomian. 

Pendiri anak perusahaan Tanoto Foundation ini juga menambahkan bahwa salah satu hal yang tak kalah pentingnya dalam membangun industri kehutanan yang berkelanjutan di Indonesia adalah keterlibatannya masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Alasannya adalah karena masyarakat yang tidak mempunyai lapangan pekerjaan akan semakin merambah hutan sebagai mata pencaharian utama mereka. Sukanto Tanoto berkata bahwa sektor kehutanan di Indonesia dinilai memiliki peranan penting sekali bagi negara, sebab separuh dari luasan wilayah di Indonesia adalah hutan. Dan Indonesia merupakan salah satu dari 17 negara yang kaya akan keberagaman hayati. 

“Kontribusi pada sektor kehutanan di Indonesia termasuk pulp and paper yang dimiliki mencapai sekitar US$21 miliar atau sekitar 3.5 persen dari GDP Indonesia. Sekitar 3.8 juta orang hidup dari sektor kehutanan,” katanya. Maka dari itulah, sebagai dukungan yang baik terhadap pengembangan dan juga pemanfaatan ilmu pengetahuan serta informasi yang ada kaitannya dengan kehutanan, Tanoto Foundation dalam naungan Sukanto Tanoto ini bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor dalam membangun Tanoto Forestry Informastion Center (TFIC). 

Fasilitas yang nanti akan diberikan oleh Tanoto Forestry Informastin Center termasuk halnya e-library yang dilengkapi pula dengan akses ke beberapa jurnal kehutanan internasional, student hall, ruang seminar, serta informasi tentang kehutanan dalam berbagai video maupun panel. 

Selain hal di atas perlu untuk diketahui juga bahwasannya dengan berbagai fasilitas yang diberikan tersebut, Tanoto Forestry Information Center diharap akan bisa jadi pusat informasi kehutanan di Indonesia, Asia, dan juga dunia. Serta sebagai pusat kolaborasi yang bagus berbagai universitas serta lembaga riset dunia. Sukanto Tanoto berharap agar semua upaya yang dilakukan ini juga dapat mendukung dengan baik pemanfaatan hutan di Indonesia dan berkelanjutan.

Saya berasal dari suatu daerah di jawa tengah, yang banyak menghasilkan tananman tembakau, dan hidup dalam suatu tempat yang masih sejuk akan keaslian alam dan kicauan burung-burung. itulah kota kecil yang di sebut kota temanggung

Artikel Terkait

Previous
Next Post »