Cari Printer Wireless, Ini Dia yang Musti Dipertimbangkan


Kemajuan teknologi membuat tren ikut berubah, salah satunya adalah preferensi printer yang disukai oleh konsumen. Jika dulu kamu mungkin cukup puas dengan printer inkjet standar yang bisa mencetak dokumen hitam putih dan berwarna, seiring berjalannya waktu kamu jadi ingin menjajal printer dengan teknologi ink tank. Tidak berhenti sampai di situ, keinginanmu terus berkembang dan ingin mencoba printer all in one yang mampu menjadi printer, scanner dan mesin fotokopi sekaligus. Pada akhirnya, kamu tidak keberatan dengan spek yang berbanding lurus dengan harga printer.

Nah, sebagai informasi saja printer dengan spek all in one bukanlah yang paling canggih. Pasalnya, sekarang ada yang namanya printer wireless yang tidak menggunakan kabel USB untuk mengirimkan data dari gadget ke printer. Dengan bantuan WiFi dan Bluetooth kamu bisa mengoneksikan ponsel maupun laptop ke printer, tanpa harus berada di meja yang sama. Kamu dan anggota keluarga yang lain juga bisa menggunakan printer dalam waktu bersamaan karena tidak harus terhubung dengan kabel. Soal harga, printer wireless tentunya lebih mahal daripada yang menggunakan kabel. Makanya, supaya tidak menyesal atau merasa sia-sia perhatikan beberapa hal berikut saat membelinya. 

Multifungsi 

Printer nirkabel atau wireless memberikan banyak keuntungan. Pertama, kamu bisa mencetak file dari mana saja selama masih dalam area yang terjangkau Bluetooth dan menggunakan WiFi yang sama dengan printer. Kedua, printer bisa digunakan oleh lebih dari satu gadget dalam waktu yang sama karena tidak tergantung kabel. Kamu dan seluruh anggota keluarga dapat mengoneksikan ponsel atau laptop ke satu printer dengan WiFi dan Bluetooth lalu tinggal tunggu giliran file dicetak. 

Meskipun punya kelebihan di atas, pastikan bahwa printer wireless yang kamu pilih nanti berjenis multifungsi atau all in one. Tidak semua printer nirkabel punya fitur lengkap karena produsen ingin menekan harga. Nah, kalau dari awal kamu ingin memiliki printer yang bagus, canggih dan jika diakumulasi dengan biaya perawatan menjadi lebih murah maka pertimbangkan memilih printer wireless all in one. 

Dengan memilih Printer wireless, kamu tidak harus membeli perangkat terpisah ketika butuh melakukan digitalisasi dokumen dengan pemindaian. Kamu juga tidak harus mengeluarkan uang lagi hanya untuk memfotokopi dokumen apapun karena dapat melakukannya sendiri di rumah. Penghematan yang kelihatan kecil ini jika ditotal akan menjadi banyak juga. Lebih baik berinvestasi pada harga printer di depan tapi tidak harus keluar uang lagi di belakang, kan?

Menggunakan ink tank

Ada alasan kenapa sekarang konsumen lebih memilih printer dengan sistem infus atau ink tank. Dibandingkan dengan ink jet yang menggunakan cartridge, printer ink tank lebih mudah diisi ulang karena hanya perlu menuangkan tinta ke dalam tangki tanpa perlu suntikan. Kamu juga bisa memantau penggunaan tinta sehingga pengisian tidak sampai terlambat dan printer menjadi kering. 

Printer dengan sistem ink jet lebih rentan karena tinta dimasukkan ke dalam cartridge jadi kamu tidak bisa mengantisipasi jumlah tinta yang masih tersedia. Tau-tau printer tidak bisa bekerja karena cartridge yang kering. Padahal, membeli cartridge harganya hampir sama dengan printer baru. Merepotkan sekali, kan?

Itulah sebabnya ketika berencana membeli printer wireless, pastikan perangkat tersebut sudah menggunakan sistem ink tank. Jangan tergiur dengan harga murah dari printer ink jet jika kamu sejak awal tidak ingin ribet karena tinta cepat habis atau kering. Akan lebih praktis, hemat dan minim resiko jika kamu memilih printer wireless ink tank kendati harga printer ini sedikit lebih mahal.
 

Mencetak dokumen atau foto?

Masing-masing orang memiliki tujuan berbeda dalam menggunakan printer. Anak sekolah dan mahasiswa mungkin lebih sering mencetak dokumen laporan. Pegawai kantoran bukan hanya mencetak tulisan, tapi juga gambar dan berbagai grafik. Nah, kalau kebetulan kamu akan sering menggunakan printer untuk mencetak foto tidak ada salahnya memertimbangkan printer wireless dengan 6 warna tinta.

Umumnya, printer infus memiliki 4 warna utama yaitu hitam, biru, merah dan kuning. Keempat warna tersebut akan menyesuaikan dokumen yang kamu cetak sehingga output yang ditunjukkan memiliki kualitas warna yang jelas dan tajam. Pada printer yang menggunakan 6 warna, kamu akan menemukan tambahan 2 warna lagi yaitu magenta dan abu-abu. Mengingat foto adalah gambar dengan kekayaan warna yang lebih beragam, printer 6 warna akan lebih memuaskan untuk menghasilkan cetakan yang lebih tajam hingga tampak nyata.

Printer wireless memberikan sejumlah kelebihan yang layak dibayar sebanding. Makanya, wajar jika harga printer ini lebih mahal. Namun, investasimu tidak akan sia-sia karena kamu akan mendapatkan kepuasan ekstra sebab lebih efisien, praktis dan pastinya canggih.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »