Perbedaan Calya Mobil Tipe G dan E

Agustus 29, 2019
Dalam hal memilih mobil, kebanyakan warga Indonesia lebih berselera pada jenis mobil yang mempunyai kapasitas penumpang banyak, memiliki ruang kabin yang luas, bahan bakar yang irit. Kriteria ini masuk pada segmen mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle. Seperti pada kehadiran Calya mobil yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Toyota menjadi produsen mobil terbesar yang ada di Indonesia setelah berhasil meluncurkan mobil Calya pada bulan Agustus 2016 yang lalu. Calya mobil termasuk pada segmen LCGC atau Low Cost Green Car. Hal ini artinya bahwa mobil Calya dibanderol dengan harga yang cukup murah. Meski demikian spesifikasi yang memiliki Calya tergolong lengkap.

Calya memiliki dua varian yaitu varian E dan G, yang mana untuk masing-masing varian memiliki spesifikasi yang berbeda. Melalui dealer resmi Toyota Auto 2000, Anda dapat mengetahui secara langsung spesifikasi yang dimiliki kedua varian Calya mobil tersebut. Anda bisa mengetahui perbedaan diantara keduanya sebelum melakukan pembelian.

Berikut ini daftar perbandingan antara  Calya mobil tipe E dan tipe G:

1.Dari sisi mesin

Jika dilihat dari segi mesin, kedua tipe mobil Calya ini sama-sama menggunakan mesin jenis 3NR-VE dengan kapasitas 1,2 liter. Sedangkan 4 silinder yang ada di dalamnya mampu menghasilkan power sampai 88 PS/ 6000 RPM melalui torsi yang dapat mencapai hingga 168 Nm/4.200 RPM.  Pada bagian  transmisi, keduanya terdapat dua pilihan yaitu manual dan matic.

2.Bagian eksterior

Bagian depan Calya mobil tipe E terlihat kosong dan tidak dilengkapi dengan garnish krom.Namun tipe E tetap memberikan slot, sehingga untuk penggunaannya dapat memasang foglamp sendiri. foglamp ini dapat dijadikan sebagai aksesoris tambahan. Sedangkan pada Calya tipe G bagian sisi bawah dilengkapi dengan lampu kabut. Sementara pada bagian gagang pintu calya tipe G diberi lapisan krom, namun untuk varian E tidak menggunakan lapisan Chrome.

3.Bagian interior

Pada bagian kabin Calya mobil tipe E dan G sama-sama dapat menampung hingga 7 orang dengan komposisi bangku 3 baris. Tidak terdapat perbedaan antara dual airbag, arm rest yang ada pada jok depan maupun pada 3 baris kursi. Untuk bagian tuas transmisi mobil Calya tipe G dilengkapi dengan aksen krom. Sedangkan untuk tipe E tidak ada.

Tipe G dilengkapi dengan head unit 2-DIN yang bisa memutar berbagai format musik pada sektor hiburan. Sedangkan untuk tipe E hanya menggunakan head unit dan dapat memutar media yang jauh lebih sedikit

4.Dari segi dimensi

Calya mobil tipe E maupun tipe G sama-sama menggunakan platform yang tidak berbeda. Hal ini sesuai dengan strategi Toyota yang mana ingin menciptakan kendaraan di negara berkembang dengan harga terjangkau. Kedua tipe sama-sama memiliki ruang yang luas dengan wheelbase yang cukup menjanjikan. Bahkan pada baris ketiga mobil Calya dapat mengakomodir 2 orang dewasa.

5.Fitur

Kedua tipe tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh karena untuk kedua tipe sudah dilengkapi dengan fitur berupa seltbelt 3 titik, yang menggunakan sistem load limiter dan pretensioner. Untuk perlindungan penumpang bagian depan maupun pengemudi sudah dilengkapi dengan airbag.
Untuk varian G dilengkapi dengan koneksi bluetooth untuk koneksi head unit nya. Sedangkan untuk Calya mobil varian E tidak dilengkapi dengan koneksi bluetooth. Selain itu tipe G juga tidak dilengkapi dengan fitur anti lock braking system. Untuk informasi lengkap Calya mobil terbaru, Anda bisa menyimaknya di laman https://auto2000.co.id/cars_list/toyota-all-new-calya/

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »