Seluk Beluk Mengenai 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak yang Wajib Kamu Ketahui

September 04, 2019
1000 hari pertama kehidupan
Banyak orang melakukan hal ini, bagi seorang ibu penting banget agar sang anak bisa berkembang secara pesat. Biasanya bukan hanya di Indonesia, melainkan di beberapa negara Eropa dan lainnya juga menjalankan salah satu hal ini.

Biasanya kegiatan ini dinamakan scaling up nutrition di mana pada 1000 hari pertama kehidupan anak, kamu harus mengawasi apa saja kebutuhan yang diperlukan bagi perkembangan anak. Sehingga beberapa anak tidak akan menjadi kurang gizi. Biasanya hal ini akan berpengaruh kepada masa depannya. Tentu kegiatan ini bisa memberikan dampak positif pada anak kedepannya. Penasaran bagaimana mengawasinya? Yuk, saya akan memberitahu kamu mengenai 1000 hari pertama kehidupan anak di bawah ini, ya.

Pentingnya Memperhatikan Kehidupan Anak

1000 hari pertama kehidupan anak yang pertama adalah pentingnya memperhatikan kehidupan anak. Pada masa pertumbuhan, tentu kamu harus mengetahui apa anak kamu sudah mempunyai kebutuhan yang cukup. Pada masa 1000 hari ini kamu bisa tahu apakah anak mempunyai gizi yang baik bagi tubuhnya. Dengan adanya 1000 hari pertumbuhan anak, maka bisa membantu kamu para ibu yang ingin mengawasi beberapa gizi yang harus di dapatkan sang anak kala itu.

1000 hari menjadi salah satu bagian terpenting dalam kehidupan sang anak. Anak bisa menghargai bagaimana pertumbuhannya diawasi dengan ketat oleh kedua orang tuanya. Kenapa harus 1000 hari? Pada 1000 hari ini merupakan awal penantian kedua orang tuanya dalam mengawasi sang buah hati. Biasanya jika kamu sudah mengawasi sang anak pada 1000 hari masa pertumbuhan, maka hal itu bisa memberikan dampak positif untuk ke depannya. Setiap anak tentu memiliki tahap perkembangan yang berbeda – beda ada yang cepat, lambat dan biasa saja. Hal ini yang harus kamu perhatikan dengan baik.

Pentingnya Memaksimalkan 1000 Hari Kehidupan Sang Anak 

1000 hari pertama kehidupan anak yang kedua adalah pentingnya memaksimalkan 1000 hari kehidupan anak. Selain pada 1000 hari kehidupan anak, maka kamu bisa menjaga gizi sang anak saat masih berada dalam kandungan. Tentu kamu harus memperhatikan gizi sang anak agar seimbang, seperti protein, lemak dan karbohidrat. Dengan mengkonsumsi gizi yang seimbang, maka bayi juga mempunyai asupan yang banyak dalam kandungan. Dan pastikan kamu mengawasi gizi pada trimester pertama, kedua dan ketiga.

Kemudian kamu juga bisa mengkonsumsi beberapa tablet untuk menjaga daya tahan tubuh. Pastikan bahwa tablet tersebut tidak mempunyai efek samping yang bisa merugikan ibu hamil. Biasanya hal ini sering terjadi sehingga banyak beberapa ibu hamil yang melahirkan secara premature. Agar menghindari melahirkan bayi secara premature, maka kamu bisa mengkonsumsi beberapa tablet pada masa kehamilan.

Pentingnya Mengetahui Resiko Pada Anak

1000 hari pertama kehidupan anak yang ketiga adalah pentingnya mengetahui resiko pada anak. Pada 1000 hari kehidupan anak tentu mempunyai beberapa resiko yang akan terjadi. Ada beberapa resiko seperti resiko terkena penyakit yang tidak menular, terkena gangguan pertumbuhan dan resiko yang bisa menghambat pertumbuhan.

Pertama, resiko terkena penyakit yang tidak menular bisa mengakibatkan gangguan ginjal kepada sang anak. Kedua, terkena gangguan pertumbuhan, hal ini bisa menyebabkan anak mempunyai badan yang pendek tidak seperti anak yang lain. Ketiga, bisa menghambat gangguan pertumbuhan, di mana jika otak terkena gangguan bisa menyebabkan otak kurang berfungsi.

Demikian penjelasan saya mengenai 1000 hari pertama kehidupan anak. Semoga artikel tersebut bisa bermanfaat untuk para ibu. Semoga bisa membantu para ibu dalam mengawasi anaknya. 

Perkenalkan, saya adalah admin dari websait ini, jadi jika Anda ingin bekerjassama dengan websait in silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »