Cara Cek Kuota Telkomsel Secara Offline

November 22, 2019
Banyak dari kita jadi panik dan bingung gara-gara tiba-tiba saja akses internet di ponsel terputus. Rupanya, penyebabnya karena kuota yang kita miliki sudah habis. Pasti kesal, apalagi ternyata kita sedang lagi seru-serunya bermain game online bersama teman di ponsel. 

Penyebabnya sebenarnya padahal karena kita sendiri yang tidak rajin melakukan cek kuota internet dan pulsa. Jadi ketika kuota hampir habis, kita tidak tahu dan tetap menggunakan akses internet. Ujung-ujungnya ketika beraktifitas, tiba-tiba internet terputus. 

Beberapa beralasan tidak rajin cek kuota dan pulsa karena tidak tahu cara cek kuota, khususnya pengguna Telkomsel. Sebenarnya langkah-langkah dan juga aplikasi yang disediakan Telkomsel cukup beragam. Berikut ini cara cek kuota Telkomsel secara offline maupun online.

Cara Cek Kuota Telkomsel Secara Offline


Terkadang kita tidak tahu kenapa akses internet di ponsel terputus. Bisa saja karena sedang terjadi gangguan internet, atau memang kuota dan pulsa telah habis. Cara termudah untuk mengeceknya yakni dilakukan secara offline melalui kirim SMS atau dial up ke USSD. Simak caranya :

  • Melalui SMS


  1. Buka aplikasi pesan singkat atau sms anda
  2. Ketik UL(spasi)INFO dan kirimkan ke 3636
  3. Informasi pulsa dan kuota telkomsel anda akan dikirimkan melalui balasan SMS


  • Melalui Dial Up USSD


  1. Buka aplikasi panggilan telepon
  2. Ketik *123# dan ketik angka 2 di layar ponsel
  3. Tekan tombol OK/Call/Telepon
  4. Anda akan mendapatkan pemberitahuan soal pulsa dan kuota anda dari jawaban sistem


Cara Cek Kuota Telkomsel Secara Online


Untuk bisa melakukan cek kuota Telkomsel secara Online anda diharuskan memiliki kuota internet terlebih dahulu. Sebab, nantinya anda diharuskan menginstal aplikasi My Telkomsel di Play Store untuk Android dan juga App Store jika menggunakan iOS.

Selanjutnya setelah sukses menginstall aplikasi My Telkomsel, lakukan pendaftaran menggunakan nomor hp dan juga masukkan password anda. Setelah itu, sistem akan melakukan verifikasi dengan mengirimkan kode melalui SMS. Masukkan kode verifikasi yang didapat ke aplikasi pendaftaran di My Telkomsel.

Setelah sukses melakukan pendaftaran akun My Telkomsel, anda akan diarahkan menuju beranda aplikasi. Di halaman tersebut, sudah terpampang sejumlah informasi penting tentang kuota internet dan juga sisa pulsa Telkomsel anda yang masih aktif.

Menghemat Pemakaian Pulsa dan Internet Telkomsel


Selain rajin melakukan cek kuota Telkomsel, anda juga harus bisa melakukan penghematan penggunaan pulsa dan kuota. Sebab, untuk ukuran provider di Indonesia, Telkomsel dianggap masih mahal oleh sebagian kalangan untuk harga paket internetnya. Berikut ini cara menghemat penggunaan kuota internet Telkomsel anda.

  • Gunakan Paket Internet yang Sesuai


Karena harga paket internet Telkomsel dianggap masih mahal, pastikan ketika anda akan berlangganan, sudah sesuai dengan kebutuhan anda. Sebab, ada beberapa paket bundling Telkomsel, yang berisi paket selain data internet yang mungkin tidak begitu anda perlukan.

  • Jangan Nyalakan Fitur Auto-Sync di HP


Fitur ini mungkin yang paling banyak dilupakan atau tidak diketahui oleh pengguna. Padahal, fitur auto-sync ini juga cukup banyak memakan kuota internet anda. Fitur ini tugasnya melakukan syncronisasi ke akun digital anda, di mana melakukan upload dan download sejumlah data lokal ke server. Tentunya hal inilah yang mengakibatkan kuota internet cepat habis.

  • Mengaktifkan Pembatasan Kuota


Setiap ponsel jaman sekarang, sudah dimiliki fitur untuk memberikan notifikasi ketika penggunaan kuota internet sampai di batas ambang tertentu. Fitur ini sangat efektif untuk mengingatkan jumlah pemakaian internet anda dan anda pun bisa melakukan penghematan.

Seperti itu lah beberapa cara cek kuota Telkomsel dan juga langkah-langkah agar anda bisa menghemat pemakaian kuota internet anda.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »