Makanan yang Seharusnya Tidak Dikonsumsi Saat Pilek Atau Flu

Desember 02, 2019
Obat pilek ampuh yang tidak ngantuk bisa dikonsumsi untuk mengatasi pilek. Namun upaya mengatasi pilek ini juga perlu diimbangi dengan menghindari beberapa jenis makanan yang membuat sakit menjadi semakin parah. Penyakit flu bisa semakin parah jika kita salah mengkonsumsi makanan.

Ya, karena ada jenis-jenis makanan tertentu yang akan memperparah pilek dan flu. Jadi seenak apapun makanan tersebut, mau tidak mau kita harus libur dulu mengkonsumsinya hingga flu dan pilek benar-benar sembuh.

Hindari Makanan Ini Saat Flu dan Pilek

Makanan apa saja yang seharusnya dihindari? Berikut ulasannya.

1. Makanan dengan kandungan gula tinggi

Ahli gizi Academy of Nutrition and Dietetics, Alissa Rumsey, menyebutkan bahwa makanan yang banyak mengandung gula akan melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi. Misalnya dapat kita temui pada kue kering, permen, es krim, dan lain sebagainya, sehingga diperlukan upaya untuk menghindari atau menggantinya dengan sayuran. Bisa juga dengan mengkonsumsi jenis cemilan yang mengandung sedikit zat gula.

2. Makanan pedas

Situs Men’s Health memberikan beberapa informasi mengenai cabai. Situs tersebut menginformasikan bahwa kandungan pedas dari cabai mampu mengiritasi hidung, sehingga pilek akan menjadi lebih berair. Kendati demikian jangan berlebihan mengkonsumsi makanan pedas ya, terlebih jika kita memiliki riwayat sakit maag.

3. Daging

Kurangilah konsumsi makanan dengan daya serap tubuh tinggi, seperti daging. Jadi mulailah memperbanyak konsumsi mengonsumsi sayuran atau buah. 

4. Makanan berminyak

Makanan yang mengandung minyak tinggi akan menghabiskan lebih banyak energi untuk melawan virus pilek atau flu. Selain itu, kandungan lemak dari makanan yang digoreng akan menghambat proses pencernaan. Lebih dari itu, kandungan minyak ini akan memperparah pilek dan flu karena biasanya saat flu ini tenggorokan rentan terkena radang.

Selain menghindari makan-makanan di atas, Anda juga harus menjaga kesehatan dengan istirahat yang teratur dan rutin berolahraga. Makanan memegang peranan penting saat tubuh tengah lemah, sehingga dengan mengonsumsi  makanan yang sehat dapat menjadi obat flu paling ampuh untuk mengatasi pilek dan flu.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »