Penyewaan Genset dan Perawatan Trafo, Solusi Atasi Pemadaman Listrik

Terjadi pemadaman listrik adalah hal yang biasa terjadi, banyak faktor yang menjadikan terjadi pemadaman listrik. Untuk skala rumah tangga tentu tidak akan berpengaruh banyak, namun untuk para pelaku usaha baik kecil maupun besar seperti perusahaan. Tentu efek dari pemadaman listrik akan banyak berpengaruh pada hasil produksi. Banyak kerugian yang akan didapatkan, jika mencari cadangan listrik tidak segera didapatkan. Menghadapi masalah tersebut, salah satu solusinya adalah mencari sewa genset terdekat. Kepastian listrik dapat menyala yang belum pasti waktunya, menjadikan para pelaku usaha harus segera mencari solusi terbaik agar keluar dari masalah.


Banyak faktor yang menjadikan terjadi pemadaman listrik, bisa jadi karena pemadaman listrik yang dilakukan serempak oleh PLN atau karena trafo listrik yang rusak. Trafo listrik adalah perangkat yang menjadikan perantara masuknya suplai listrik dari sumber ke beban. Penggunaan trafo diharapkan dapat mengalirkan energi listrik yang stabil. Karena fungsi trafo listrik yang sangat penting inilah, menjadikan perawatan trafo listrik harus maksimal agar terhindar dari rusaknya trafo listrik.


Perawatan Trafo Listrik Sebagai Upaya Pencegahan Pemadaman Listrik


1. Material trafo berkualitas

Pemilihan material trafo harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas penggunaan trafo itu sendiri. Karena setiap trafo listrik penggunaannya berbeda. Material inti trafo mendukung perfoma dari trafo, bukan berarti harus mahal dan tebal, justru akan sia-sia jika material trafo terlalu tebal namun penggunaannya tidak terlalu tinggi. Untuk itu harus konsultasi dengan orang yang paham masalah listrik agar dapat membantu menentukan trafo yang sesuai untuk digunakan.


2. Memasang trafo dengan teliti 

Memasang trafo harus dilakukan dengan teliti, pemasangan yang kurang rapat dapat menimbulkan getaran atau dengung pada saat trafo listrik mulai dinyalakan. Solusi yang dilakukan dengan  menambahkan jumlah inti trafo agar batas lilitan pada kawat dengan inti benar-benar rapat. Selain itu,juga harus dipastikan bahwa pemasangan baut trafo sudah kuat untuk mencegah munculnya getaran pada saat dinyalakan. Getaran atau dengungan yang terjadi dapat mengakibatkan fungsi trafo menjadi kurang maksimal dan cepat rusak.


3. Servis berkala

Penting untuk melakukan servis berkala sebagai bentuk perawatan trafo listrik agar tidak mudah rusak. Dengan melakukan servis rutin akan diketahui kondisi trafo apabila terjadi kerusakan dapat segera diperbaiki. Sewatama menerima jasa perawatan trafo secara berkala.


Sewatama bergerak di bidang pelayanan listrik untuk membantu pelaku usaha atau perusahaan untuk memberikan solusi listrik yang sedang bermasalah, seperti layanan sewa genset terdekat pada saat terjadi pemadaman listrik atau masalah lainnya. 

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »