5 Olahraga yang Aman Dilakukan Selama Pandemi Corona

Foto : Coen van de Broek on Unsplash

Di tengah pandemi Corona, penting untuk selalu menjaga tubuh tetap sehat. Selain makan makanan bergizi dan mengonsumsi vitamin, olahraga juga sangat disarankan supaya badan tetap sehat.


Pandemi Corona bikin banyak orang terpaksa melakukan aktivitas di rumah dan melakukan penjarakan fisik saat berada di luar ruangan. Namun, hal ini saja nggak cukup. Kamu harus tetap menjalankan hidup sehat seperti makan makanan bergizi, minum vitamin, dan olahraga.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan orang berusia 18 hingga 64 tahun sebaiknya melakukan olahraga setidaknya 75 hingga 150 menit setiap minggunya. Tujuannya untuk menjaga tubuh tetap sehat. Aktivitas fisik ini punya peran penting untuk menjaga tubuh tetap aktif dan membentuk imun.

Lalu, apa saja sih olahraga yang aman dilakukan selama pandemi? Simak jawabannya di sini :

Kardio

Olahraga kardio merupakan jenis olahraga yang efektif untuk membuat tubuh berkeringat dan membakar lemak. Beberapa olahraga kardio yang paling umum adalah jogging, lari, jalan cepat, lompat tali, jumping jacks, burpees, dan masih banyak lainnya.

Olahraga satu ini terhitung paling mudah karena bisa dilakukan baik di rumah atau luar ruangan. Selain itu, tidak perlu alat olahraga yang rumit untuk melakukannya. Kamu bisa melakukannya di pagi hari sebelum bekerja untuk meningkatkan energi. 


Yoga

Yoga merupakan aktivitas tubuh yang fokus pada kekuatan, pernapasan, dan fleksibilitas. Yoga sendiri punya dua manfaat yaitu meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental. Olahraga satu ini mungkin terlihat sederhana, tetapi sebenarnya harus dilakukan sungguh-sungguh. Setiap gerakannya mampu membuat tubuh berkeringat dan membakar lemak. Selain itu, dengan melakukan yoga, pikiran akan menjadi lebih tenang.

Jadi selain metabolisme tubuh meningkat, pernapasan membaik, kesehatan mentalpun terjaga. Untuk melakukan olahraga ini kamu hanya perlu mempersiapkan matras yoga dan pakaian yang nyaman. Kamu juga bisa mendaftar ke kelas yoga online supaya dapat dilatih oleh profesional. 


Senam Aerobik

Mau olahraga dengan gerakan yang lebih aktif dan menyenangkan? Kamu bisa menjajal senam aerobik. Olahraga ini pilihan yang menyenangkan untuk dilakukan di rumah. Kamu bisa mengikuti video tutorial yang ada di internet, atau gabung di kelas online. Gerakan-gerakan pada senam aerobik sendiri punya manfaat yang sama dengan kardio yaitu membuat kamu berkeringat sekaligus membakar lemak.

Biasanya gerakan senam aerobik lebih bertenaga dan banyak. Selain itu olahraga ini juga biasanya diiringi dengan musik. Kamu pasti jadi lebih bersemangat, kan. Senam aerobik ini juga mampu meredakan gejala depresi dan gangguan cemas lho karena pandemi. 


Pushup

Nggak suka olahraga yang ribet? Salah satu olahraga yang paling mudah bisa kamu lakukan secara rutin adalah push up. Kamu nggak perlu alat olahraga apapun, hanya butuh area yang cukup untuk olahraga. 


Push up mampu memperkuat tubuh, terutama pada bagian atas seperti lengan dan dada. Sangat disarankan untuk melakukan push up setiap hari paling tidak 10 kali untuk wanita dan 30 kali untuk pria. Meski hanya sebentar, tetapi jika dilakukan secara rutin, tubuh akan tetap sehat. 


Bersepeda

Nah, jika area tempat tinggalmu cukup sepi, kamu bisa mulai bersepeda. Saat ini kegiatan bersepeda sedang digandrungi di Indonesia.  Bersepeda membuat tubuh tetap aktif, menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan sirkulasi darah. Selain itu bersepeda juga mampu menurunkan tingkat stres karena tubuh mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini memicu suasana hati yang positif.

Buat pemula, kamu bisa cari merk sepeda dengan harga terjangkau seperti sepeda Polygon, sepeda United, atau sepeda Pacific. Cari referensinya dulu supaya tidak salah pilih karena sepeda harus sesuai dengan postur tubuhmu. Ingat, kamu juga harus selalu menggunakan masker selama bersepeda. Sekarang ini sudah ada masker breathable yang nyaman untuk digunakan berolahraga. 


Syarat Berolahraga di Luar Ruangan

Supaya olahraga di luar ruangan tetap aman, kamu bisa mengikuti 5 syarat olahraga luar ruangan berikut :


  • Pastikan area olahraga tidak banyak kerumunan dan dekat rumah 
  • Pastikan tubuh dalam keadaan sehat supaya tidak mudah terpapar virus 
  • Usahakan kamu selalu menjaga jarak  
  • Pilih olahraga yang tidak perlu menyentuh benda-benda sekitar, gunakan alat pribadi saja.
  •  Pastikan kemampuan tubuhmu untuk berolahraga, jangan melakukan olahraga yang melebihi intensitas yang direkomendasikan


Selamat berolahraga dan tetap sehat, ya.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »