BERBAGAI SAJIAN KULINER KHAS BANJAR YANG SANGAT SAYANG UNTUK DI LEWATKAN

 

Banjarmasin, merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi kalimantan selatan, yang menyajikan berbagai kebudayaan lokal dan keindahan alam yang sangat luar biasa indah. Keindahan alam indonesia memang tiada tandingan nya, hampir seluruh provinsi di indonesia memiliki karakteristik yang kuat dan memiliki kebudayaan lokal yang begitu menarik. Bicara soal karakteristik, salah satu yang menonjol adalah sajian kuliner. Kuliner atau makanan di indonesia sendiri tak terhitung nilai nya, begitu indah negara kita dengan berbagai ciri khas yang ada di setiap daerah nya.

Oke kembali ke pembicaraan utama, kabupaten Banjar selain memiliki kekayaan alam yang istimewa dan juga keindahan daerah nya, ternyata juga memiliki berbagai sajian kuliner khas yang sangat menyita selera, dan sangat di sayangkan untuk di lewatkan. Penasaran akan makanan khas banjarmasin, kalimantan selatan? Berikut berbagai makanan atau sajian kuliner khas banjar yang sudah sangat terkenal.


1. Soto banjar.

Yang pertama ada sajian kuliner khas banjar yang tak boleh di lewatkan jika sedang berkunjung ke kabupaten banjar yaitu makanan yang bernama Soto banjar. Soto banjar memang sudah sangat terkenal akan kelezatan yang di milikinya. Selain mudah dicari, soto banjar juga memiliki keunggulan lain nya yaitu harganya yang sangat murah, maka dari itu Soto banjar sangat rekomendasi sekali untuk kalian yang ingin mencicipi makanan khas kabupaten banjar.


2. Ikan saluang.

Jika berada di kabupaten banjar, kalimantan selatan, anda tak perlu bingung untuk mencari makanan khas dari kabupaten banjar tersebut. Dan salah satu makanan atau sajian kuliner yang paling mudah di temukkan adalah Ikan saluang. Makanan yang di ciptakan oleh penduduk asli kalimantan selatan ini memang sangat terkenal di kabupaten banjar, dan sudah di jual bebas di berbagai warung makan yang ada di kabupaten banjar. Citarasa yang tersaji pada ikan saluang sendiri tak main-main, anda akan merasakan kelezatan gurih khas dari kabupaten banjar, kalimantan selatan.


3. Gangan asam.

Sudah tau makanan khas banjar yang satu ini? Jika belum, buruan deh untuk mencoba nya. Karena cita rasa yang tersaji pada Gangan asam ini begitu menggugah selara. Rasa pedas manis dan gurih menjadi satu di dalam Gangan asam ini, selain itu yang menguntungkan nya adalah Gangan asam mudah di cari di berbagai daerah di kalimantan selatan. Soal harga, Gangan asam sendiri sangat ramah kantong loh.


4. Ikan patin bakar.

Biasanya masakan ikan patin di buat dengan cara di gulai atau bersamaan dengan makanan kuah. Tetapi di kabupaten banjar berbeda, ikan patin di olah dengan cara di bakar dan di bumbui dengan rempah-rempah pilihan khas alam indonesia. Soal rasa, ikan patin bakar sangatlah lezat karena menyajikan citarasa pedas manis serta gurih yang akan membuat lidah tak ingin berhenti berhenti bergoyang. 

Makanan khas banjar, kalimantan selatan, yang satu ini sangat cocok sekali jika di santap dengan keluarga tercinta.

Demikian tadi informasi tentang Berbagai sajian kuliner khas banjar yang sangat sangat sayang untuk di lewatkan. Dari sekian makanan di atas, pastinya soal rasa tak usah di ragukkan lagi, karena memang sudah di racik dan di olah khusus oleh pribumi asli kalimantan selatan.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »