5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Generasi Milenial dan Gen Z


Saat usia muda, memperbanyak pengalaman memang sangat bagus. Bisa menjelajahi banyak tempat, bertemu orang-orang baru, berkenalan dengan berbagai budaya, memang jadi aktivita yang sangat menyenangkan. Namun jangan sampai berbagai kesenangan di masa muda akan membuat kamu sengsara saat usia tua. Maka dari itulah, generasi milenial dan gen Z mulailah untuk melek investasi.


Apalagi sekarang ini sudah banyak aplikasi yang bisa membantu kemudahan dalam investasi, salah satunya adalah aplikasi Pluang. Bagi kamu yang belum terlalu familiar dengan Pluang, ini merupakan aplikasi finansial yang bisa membantu untuk membuka akses lebih luas ke berbagai produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau.


Kembali ke investasi, ada banyak jenis investasi yang cocok untuk generasi milenial dan gen Z lho. Jika dilakukan dengan tepat akan memberikan profit yang menguntungkan. Inilah deretan rekomendasi investasi untuk dua generasi tersebut.


1. Emas

Sampai saat ini emas masih menjadi primadona banyak orang untuk jadi instrumen investasi. Banyak yang meyakini, emas memiliki prospek yang sangat bagus. Harganya cenderung stabil dan akan naik jika disimpan dalam jangka waktu lama. Apalagi sekarang ini banyak sekali yang menawarkan investasi emas secara online. Semakin memudahkan orang-orang berniat investasi.


Ada banyak keuntungan memilih investasi emas secara online. Mulai dari harganya yang lebih terjangkau, terhindar dari emas palsu sampai kemudahan dalam pencairan. Bahkan ada beberapa investasi emas online yang cicilannya mulai Rp10 ribu. Syaratnya, kamu perlu memilih platform-platform investasi terpercaya dan terdaftar di OJK.


Karena itulah, sekarang ini banyak disarankan untuk investasi emas sejak masih muda. Supaya masa tua setidaknya sudah memiliki jaminan. Jangan hanya berfoya-foya ya, persiapkan masa depan dengan matang.


2. Aset Kripto

Generasi milenial dan gen Z identik dengan perkembangan teknologi. Jadi rekomendasi investasi lainnya yang disarankan adalah aset kripto atau Cryptocurrency. Ada banyak sekali alasan kenapa generasi muda saat ini banyak diarahkan untuk melakukan investasi pada aset kripto. Salah satunya adalah bisa memberikan keuntungan dalam waktu singkat.


Bisa dibilang, aset kripto ini masuk ke dalam investasi high risk high return. Bahasa mudahnya, dibalik besarnya keuntungan yang didapatkan dibayang-bayangi kerugian yang juga tinggi. Maka dari itulah perlu taktik yang tepat supaya bisa mendapatkan banyak keuntungan di tipe investasi ini.


Bagi yang ingin mencoba investasi aset Kripto, di aplikasi Pluang ada dua jenisnya. Bisa memilih Bitcoin atau Ethereum. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, dapat dipilih mana yang sekiranya paling dikuasai. 


3. Reksadana

Bagi kamu yang memang terlalu sibuk dengan berbagai kegiatan, tidak memiliki cukup waktu untuk menghitung untung rugi secara lebih mendetail, investasi reksadana bisa dipilih. Karena di dalam reksadana ada manajer investasi yang mengelola dana tersebut.


Selain itu modal yang dikeluarkan reksadana juga tidak terlalu besar, jadi kamu yang berpenghasilan kecil pun bisa ikut.  Apa sih sebenarnya reksadana? Ini merupakan sebuah investasi yang mengumpulkan dana dari para pemodal. Nantinya, uang tersebut akan dikelola oleh manajer investasi dan dipecah ke berbagai instrumen. Bisa ke saham, surat pinjaman, obligasi dan lainnya.


Jenis investasi reksadana sendiri ada empat, yaitu pendapatan tetap, pasar uang, saham dan campuran. Supaya lebih yakin untuk berinvestasi gali informasi lebih dalam kepada manajer investasi. Jangan percaya begitu saja, harus selalu waspada dan kritis supaya tidak terjadi penipuan investasi bodong.  


4. Sukuk

Pilihan lainnya investasi untuk milenial adalah Sukuk. Belakangan, sudah semakin banyak orang yang tertarik untuk menginvestasikan uangnya ke jenis ini. Sukuk sendiri merupakan klaim atas surat berharga atau aset milik seorang investor yang nantinya jadi dasar penerbitan dari surat utang atau surat sukuk.


Sukuk ini bisa diterbitkan oleh pihak negara, berbagai perusahaan Badan Umum Milik Negara (BUMN) atau bisa juga swasta. Banyak yang mulai tertarik pada sukuk karena menerapkan prinsip syariah.


5. Saham

Dibandingkan dengan aset kripto, investasi saham sudah dikenal lebih dahulu. Bagi yang sudah lama berkecimpung dalam dunia investasi pastinya paham betul jenis dan bagaimana cara kerja dari saham. Namun bagi kamu yang masih berencana untuk terjun ke investasi saham, ada banyak hal yang perlu dipelajari.


Saham adalah bukti kepemilikan modal seseorang pada sebuah perusahaan atau perseroan terbatas yang membukanya. Secara singkatnya, kamu yang sudah membeli saham di perusahaan tertentu memiliki hak untuk memperoleh pendapatan atau keuntungan sesuai dengan porsi yang dibeli. Sementara untuk bisa membeli saham, kamu bisa pergi ke pasar modal.


Berdasarkan kemampuannya, saham dibagi menjadi dua yakni common stock atau saham biasa dan preferred stock atau saham preferen. Sementara untuk kinerjanya, jenis saham dibagi menjadi 7 bagian. Ada Blue Chip Stocks, Income Stocks, Growth Stock, Speculative Stocks, Cyclical Stocks, Emerging Growth Stocks, dan Defensif Stocks.


Perihal keuntungan dalam saham, ada dua jenis yang perlu dipahami, yaitu capital gain dan dividen. Masih banyak lagi lainnya yang perlu dipelajari dalam hal investasi supaya tidak mendulang kerugian.


Sampai di sini ulasan mengenai berbagai rekomendasi investasi yang disarankan untuk generasi milenial dan gen Z. Yuk mulai melek investasi sejak dini supaya tidak terlalu banyak uang yang tersia-siakan untuk memenuhi gaya hidup yang kurang jelas.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
gardieradeke
AUTHOR
8 November 2022 18.46 delete

The range of the wager distributions on the individual level suggests a range of individual betting methods. Also, it indicates that a gambler might not stick to only one betting technique. It follows that the https://topcleo.app/ log-normal wager distribution noticed on the inhabitants level may be very likely an aggregate result.

Reply
avatar