Mobil Jarang Dipakai? Begini Cara Perawatannya Agar Tidak Mudah Rusak


Pembatasan aktivitas sebagai himbauan pemerintah untuk mengurangi penyebaran COVID-19 membuat banyak orang lebih sering menghabiskan waktu di rumah. Bahkan, saat tidak ada kebijakan PPKM sekali pun. Akibatnya, mobil yang belum lama dibeli dari tempat jual mobil bekas yang terpercaya jadi lama menganggur di garasi dan hanya sesekali dipakai. 

 

Agar kondisi mobil tetap terjaga, ada baiknya Anda melakukan beberapa perawatan berikut ini:


1.    Pastikan mobil dalam kondisi bersih sebelum disimpan

Sebelum disimpan di garasi, pastikan Anda sudah membersihkan mobil dahulu. Melansir dari tirto, menyimpan mobil dalam kondisi kotor dan berdebu justru akan merusak cat mobil dan meninggalkan karat pada permukaan mobil. Selain pada bagian bodi, pastikan Anda membersihkan roda dan bagian bawah mobil juga. Jika Anda menyimpan mobil tanpa membersihkannya, maka warna mobil tidak akan bagus lagi.

 

2.    Pompa udara dengan maksimal

Ada banyak faktor yang memengaruhi kualitas ban mobil, salah satunya adalah perubahan temperatur. Oleh karena itu, sebelum menyimpan mobil pastikan Anda memompa ban mobil hingga tekanan maksimal karena ban mobil bisa kempes dengan sendirinya jika terlalu lama dibiarkan dan tidak digunakan. Di samping itu, Anda bisa menggunakan dongkrak pada keempat roda ban mobil. Hal ini akan menghindari mobil bertumpu pada roda, sehingga bagian dalam ban tidak mudah rusak saat ban mengempis. 


3.    Hindari menggunakan rem tangan

Hindari menggunakan rem tangan saat menyimpan mobil dalam kurun waktu lama agar minyak pada piringan rem tidak lengket. Sebagai alternatifnya, Anda bisa mengganjal ban mobil dengan batu atau benda lainnya agar mobil tidak bergerak. Selain itu, parkirkan mobil Anda pada tempat yang datar, dengan begitu mobil tidak akan bergerak. 


4.    Gunakan penutup kendaraan atau simpan di ruang tertutup

Terakhir, simpanlah mobil pada ruangan tertutup, gelap, dan kering. Salah satu tempat yang paling cocok untuk menyimpan mobil yang jarang dipakai adalah di dalam garasi. Namun, jika Anda tidak memiliki garasi yang memadai untuk menyimpan mobil, Anda bisa menggunakan tempat penitipan mobil. Sementara, untuk Anda yang menyimpan mobil di ruang terbuka, gunakanlah kain penutup kendaraan agar terhindar dari debu dan kotoran. 


Selain keempat tips yang sudah dituliskan di atas, Anda juga perlu mengganti cairan mobil secara rutin agar menghindari risiko komponen berkarat.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »