5 Cara Safety Driving yang Baik dan Benar


Berkendara mobil dengan aman dan nyaman atau yang juga dikenal dengan safety driving adalah hal yang wajib dilakukan semua pengendara demi keselamatan semua pengguna jalan. Apalagi jika mobil yang Anda kendarai belum lama Anda beli secara kredit menggunakan jasa perusahaan pembiayaan terbaik di Indonesia, pastinya sayang kan jika mengalami kerusakan akibat Anda mengabaikan safety riding? 


Menurut Otodetik.com, menerapkan safety driving dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Lantas, untuk Anda yang tertarik menerapkannya, apa saja yang perlu dilakukan untuk bisa berkendara aman? 


1.    Pastikan Kendaraan dalam Keadaan Baik

Sebelum berkendara, hal wajib yang perlu Anda lakukan adalah memastikan mobil dalam keadaan siap untuk digunakan. Untuk itu, Anda perlu mengecek bagian-bagian mobil yang riskan, seperti oli, air radiator, dan juga cek tekanan udara ban mobil. Apabila semua sudah dicek dan dalam keadaan baik-baik saja alias tidak memerlukan penggantian atau penambahan, maka Anda bisa langsung menggunakannya.


2.    Sesuaikan Spion Samping dan Belakang

Langkah kedua yang perlu Anda lakukan sebelum berkendara adalah menyesuaikan kaca spion, baik kaca samping maupun belakang. Posisikan kaca spion mobil Anda dengan sudut yang tepat, agar dapat memaksimalkan pandangan Anda. 


Pandangan keluar jendela mobil, baik jendela belakang serta sepanjang sisi kendaraan wajib jelas dan tidak boleh terhalang. Sebab, apabila sampai tidak jelas atau terhalang, maka Anda akan kesulitan membaca situasi sekitar dan akhirnya berdampak pada cara mengendarai mobil Anda. 


3.    Jangan Lupa Pasang Sabuk Pengaman

Kebanyakan orang-orang di Indonesia lupa dengan hal ini, yakni mengenakan sabuk pengaman. Jangan menganggap sepele sabuk pengaman, ya, karena sabuk pengaman dapat melindungi dan tetap menahan Anda di kursi apabila terjadi kecelakaan sehingga tidak terjadi benturan keras yang mengakibatkan cedera. 


4.    Tenang dan Perhatikan Sekitar

Ketika mengemudi mobil, Anda harus tetap dalam keadaan tenang dan fokus pada keadaan sekitar. Terkadang, ketidaksabaran membuat banyak orang tiba-tiba menambahkan kecepatan sehingga dapat membahayakan pengguna jalan lainnya. 


Usahakan untuk tetap tenang, agar cara berkendara Anda tetap dalam batasan-batasan yang semestinya, sehingga tidak mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. 


5.    Patuhi Aturan Lalu Lintas

Untuk melakukan safety driving, pastinya Anda harus mematuhi aturan lalu lintas. Jangan sampai Anda melanggarnya karena dalih terburu-buru, karena jika sampai melanggarnya kemungkinan terjadinya kecelakaan akan jauh lebih tinggi. 


Tentu saja Anda tidak ingin mengalami kecelakaan ketika berkendara, bukan? Maka dari itu, tetap patuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Selain untuk menjaga diri sendiri, mematuhi peraturan lalu lintas juga dapat menjaga pengguna jalan atau pengendara lainnya. 


Dengan melakukan safety driving, pastinya perjalanan Anda akan jauh lebih aman dan nyaman. Tak hanya dapat menjaga diri Anda sendiri, dengan safety driving tentu akan menjaga pengendara lain yang sedang melakukan perjalanan juga.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »