Lingkungan Sekolah yang Baik untuk Perkembangan Anak


Lingkungan sekolah yang baik adalah lingkungan yang didalamnya memiliki komponen-komponen pendidikan yang berkualitas. Berkualitasnya pendidikan juga ditandai dengan budaya yang diterapkan. British Primary School Jakarta  atau bsj adalah sekolah yang menerapkan pembelajaran budaya antar negara Inggris.


Lingkungan sekolah baik secara fisik ataupun non fisik akan sangat berpengaruh pada pelaksananaan pembelajaran di sekolah. Dengan lingkungan yang sesuai, proses belajar siswa juga akan optimal.

Ciri Ciri Lingkungan Sekolah yang Bagus untuk Anak

Lalu apa saja ciri lingkungan sekolah yang baik untuk anak? Silahkan simak ulasan dibawah ini.

1.    Kawasan Sekolah Rindang

Sekolah yang rindang ditandai dengan banyaknya tanaman dan tumbuhan hijau. Dengan kawasan yang rindang, siswa akan memiliki asupan oksigen yang sehat sehingga konsentrasi belajar akan bertambah. Sebaliknya, kawasan sekolah yang panas dan minim tumbuhan hijau akan membuat lingkungan terasa lebih sesak sehingga proses pembelajaran menjadi kurang nyaman.

2.    Lingkungan Tenang

Sekolahan yang baik memiliki kawasan yang tenang dan nyaman untuk belajar. Lingkungan ini jauh dari kebisingan jalan ataupun suara kerja mesin sehingga pembelajaran bisa berjalan fokus dan kondusif.

3.    Penataan Taman

Sekolah memiliki berbagai fasilitas pendukung pembelajaran seperti taman dan lapangan. Penempatan lapangan dan taman harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah mempertimbangkan kemudahan seluruh siswa untuk menggunakannya.

4.    Guru dan Siswa

Hubungan guru dan siswa sangat penting dalam membangun pemahaman satu sama lain. Guru mengajarkan baik secara kognitif, psikomotorik, maupun afektif .Seperti halnya bsj yang menanamkan pembelajaran moral sebagai misi pendidikan sehingga lulusan bsj menjadi siswa yang cerdas lagi bermoral.

5.    Keadaan Bangunan

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sekolah, seperti bermain, belajar, ekstrakulikuler, dan kegiatan lainnya. Untuk mendukung minat dan bakat anak, sekolah harus memiliki fasilitas yang memadai. Termasuk keadaan perlengkapan dan bangunan sekolah yang aman lagi nyaman digunakan. Lingkungan sekolah haruslah seedukatif mungkin dan secara aktif membuat program-program untuk menumbuhkan nilai-nilai positif pendidikan.

6.    Strategi     

Strategi pembelajaran disetiap sekolah tentu saja berbeda. Strategi yang baik akan memiliki kesinambungan dengan yang lainnya dan secara sistematis dijalani. Pendidikan di sekolah seharusnya bisa memfasilitasi siswa dalam mewujudkan prestasi dalam bakat minat mereka. Jika strategi yang digunakan tepat, akan lebih banyak siswa terbantu dalam menemukan passion mereka.

7.    Keharmonisan

Bsj merupakan sekolah yang memiliki banyak siswa dari latarbelakang berbeda. Siswa terdiri dari berbagai suku ataupun budaya. Penanaman rasa harmonis pada perbedaan merupakan hal yang dasar dalam lingkungan sekolah. Setiap anak harus diajarkan bagaimana cara hidup berdampingan dengan perbedaan. Sekolah di bsj, anak akan mengenal banyak budaya dan belajar hidup harmonis dalam perbedaan.

Dari ciri-ciri lingkungan sekolah yang baik diatas, membuktikan baik dari segi fisik maupun non-fisik, lingkungan sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan anak.

Melalui lingkungan yang baik, pertumbuhan dan perkembangan anak akan berjalan dengan optimal dan membanggakan.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »