Mudah, Ini Dia Caranya Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah!


Pernahkah Anda mencoba ganti oli mobil sendiri? Mengganti oli mobil sendiri bisa jadi solusi yang lebih cepat dan praktis jika sudah tiba waktunya ganti oli. Lantas, bagaimana ya cara ganti oli mobil sendiri di rumah?


Sebelum Anda mencoba ganti oli mobil sendiri, siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan, ya. Secara umum, yang Anda butuhkan adalah wadah pembuangan oli (bisa pakai ember atau kaleng bekas), tisu atau kain lap, dongkrak, kunci-kunci, dan tentunya oli mobil baru yang spesifikasinya sesuai mobil. 


Di samping itu, Anda juga bisa siapkan filter oli juga. Soalnya, jadwal ganti oli mobil biasanya dibarengkan dengan jadwal ganti filter oli.
Langkah Ganti Oli Mobil Sendiri


Lalu, apa saja langkah-langkah ganti oli mobil sendiri? Berikut penjelasannya.

1.    Sebaiknya mesin dalam kondisi hangat.

Anda sangat dianjurkan untuk ganti oli saat suhu mesin mobil dalam kondisi hangat, atau setidaknya agak dingin. Kondisi ini akan mempermudah proses pembuangan oli bekas, dan tentunya lebih aman. Soalnya, tentu ada risiko kulit terbakar kalau mesin masih panas.

2.    Dongkrak bagian depan kendaraan.

Langkah berikutnya adalah mendongkrak bagian depan mobil Anda. Pastikan bahwa tumpuan dongkrak ada dalam posisi yang benar, ya! Selain itu, pastikan Anda juga membuka kap mesin dan tutup pengisian oli yang ada di bagian mesin.

3.    Posisikan wadah oli bekas di bawah tangki oli.

Setelah itu, letakkan wadah oli bekas tepat di bawah tangki oli. Untuk meminimalisir risiko tetesan oli bekas, Anda bisa tambahkan alas koran di bawah wadah tersebut, apalagi jika Anda mengganti oli di dalam garasi. Wadah untuk menampung oli bekas ini bisa baskom besar, botol oli bekas berukuran besar yang dipotong bagian depannya, atau kaleng bekas berukuran besar.

4.    Buang oli lama.

Langkah berikutnya adalah membuka baut tangki oli menggunakan kunci pas atau pembuka baut. Kemudian tunggu sampai oli lama mengalir keluar dari tangki dan dibuang ke dalam wadah tadi. Pastikan bahwa oli lama sudah benar-benar terbuang dan tak ada yang tersisa di dalam tangki, ya.

5.    Buka filter oli.

Jika Anda ingin sekalian ganti filter oli, Anda bisa melakukannya sembari menunggu oli bekas dibuang. Gunakan kunci khusus untuk membuka filter oli, yang biasanya di kolong mobil. Akan tetapi, filter oli juga bisa Anda jangkai dari ruang mesin pada beberapa model mobil tertentu.

6.    Pasang filter baru dan tutup baut.

Setelah oli lama terbuang semua dan filter oli lama sudah Anda lepas, pasang filter oli baru. Kemudian, tutup kembali lubang pembuangan oli. Pastikan bahwa baut sudah benar-benar tertutup rapat dan tak ada oli yang menetes.

7.    Tuang oli baru.

Langkah terakhir adalah menuang oli baru melalui lubang pengisian. Pastikan bahwa jenis olinya sesuai dengan spesifikasi mobil, dan takarannya sesuai kebutuhan kendaraan – tak lebih dan tak kurang. Anda bisa gunakan dipstick oli untuk mengecek kesesuaian literan oli. Kalau sudah sesuai, tutup lubang pengisian oli sampai rapat.


Itu tadi cara mengganti oli mobil sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »