Kenali 5 Fungsi Asuransi Secara Primer dan Sekunder

 

Freepik

Tidak sedikit orang yang mengabaikan pentingnya fungsi asuransi. Padahal, jika mereka memahami lebih dalam tentang asuransi, manfaatnya akan dapat dirasakan di masa depan. Bagi Anda yang belum memiliki asuransi, penting untuk mengetahui fungsi utama asuransi Indonesia dari FWD Insurance, agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

FWD Insurance menawarkan beberapa produk asuransi yang mencakup berbagai kebutuhan seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi kecelakaan yang mudah sekali diklaim sesuai kebutuhan. 

3 Fungsi Asuransi Primer

Pada dasarnya berdasarkan situs Ifg-life, asuransi memiliki peran penting dalam memindahkan risiko dari tertanggung kepada penanggung. Fungsi ini sering disebut sebagai fungsi primer yang meliputi:

1. Pengalih Risiko

Asuransi digunakan sebagai sarana untuk mengalihkan risiko, contohnya ketika seorang kepala keluarga yang memiliki asuransi jiwa meninggal dunia. Risiko keuangan yang dapat menurun akibat kehilangan kepala keluarga dapat digantikan dengan manfaat yang diterima dari perusahaan asuransi berupa uang pertanggungan jiwa.

2. Penghimpun Dana

Selain itu, asuransi juga berfungsi sebagai pengumpul dana melalui pembayaran premi oleh pemegang polis. Premi ini dapat dianggap seperti tabungan. Namun, dana yang terkumpul ini kemudian dikelola oleh perusahaan asuransi untuk memenuhi fungsi pertama di atas.

3. Menjaga Keseimbangan Premi dan Perlindungan

Fungsi asuransi lainnya yakni menjaga balance antara premi yang dibayarkan pemegang polis dan perlindungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Dengan demikian, pemegang polis tidak perlu membayar jumlah premi yang tinggi untuk mendapatkan berbagai macam perlindungan yang ditawarkan.

Perusahaan asuransi akan melakukan perhitungan terhadap segala risiko yang mungkin terjadi berdasarkan premi yang dibayarkan. Oleh karena itu, setiap risiko yang dihadapi oleh pemegang polis tidak akan mendapatkan penggantian yang sama, karena premi dan tingkat risiko yang berbeda pula.

2 Fungsi Asuransi Sekunder

Selain memiliki fungsi primer, asuransi juga memiliki beberapa fungsi sekunder yang perlu diperhatikan, yakni:

1. Membantu dalam Kegiatan Ekspor

Umumnya, asuransi dikaitkan dengan perlindungan kesehatan atau jiwa. Meski begitu, faktanya asuransi juga memiliki berbagai jenis yang masih memiliki keterkaitan dengan penjualan serta perdagangan ke luar negeri.

Asuransi dapat memberikan perlindungan tambahan kepada produk yang akan dikirim ke luar negeri. Dengan demikian, produk tersebut akan terlindungi dari berbagai risiko yang mungkin terjadi.

2. Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Fungsi asuransi selanjutnya, yakni sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi, meskipun tidak secara langsung. Hal ini dikarenakan perusahaan asuransi dapat menciptakan peluang kerja melalui berbagai posisi yang tersedia.

Secara tidak langsung, hal ini akan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Dengan banyaknya lapangan kerja yang tercipta dalam sektor asuransi, kondisi ekonomi negara dapat membaik, dan target pertumbuhan keuangan dapat tercapai.

Sudah Tahu Fungsi Asuransi Baik Secara Primer dan Sekunder?

Demikian beberapa fungsi asuransi yang perlu Anda ketahui. Dapat dilihat bahwa asuransi mempunyai manfaat yang sangat besar, sehingga sangat penting untuk Anda miliki. Apalagi, kini ada berbagai pilihan produk asuransi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, seperti produk dari FWD Insurance.

Hadir selama 24 jam contact center FWD Insurance Insurance siap melayani kebutuhan Anda. Mulai dari informasi produk, layanan perpanjangan polis asuransi, laporan klaim, hingga bantuan darurat. Jadi tunggu apalagi? Temukan asuransi terbaik untuk Anda bersama FWD Insurance!

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »