5 Cara Mudah Dan Tepat Untuk Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Oktober 14, 2019
Menjaga gula darah supaya tetap normal dirasa sangat sulit bagi kebanyakan pasien penderita diabetes. Meski telah menjadi sebuah kewajiban tetapi masalah gula darah ini seringkali membuat pasien diabetes merasa putus asa dan frustasi, pasalnya mereka harus terus terusan berjuang untuk tetap mempertahankan kadar gula darah normal. Hasilnya ada banyak deretan pantangan yang seharusnya dijauhi oleh para penderita diabetes. Sebenarnya untuk bisa mempertahankan kadar gula darah supaya tetap normal itu adalah tidak selalu dengan menjauhi segala pantangannya. Karena adanya beberapa cara mudah dan tepat untuk menjaga kadar gula darah tetap normal diantaranya yaitu : 

1. Mengambil Langkah Kecil Dengan Merencanakan Pola Makan Sehat 


Jika kamu salah seorang pasien diabetes maka kemungkinannya akan tahu dengan benar jika memilih mengkonsumsi makanan yang sehat itu merupakan bagian perawatan dari diabetes yang dialami. Awalnya mungkin akan terasa sangat sulit karena harus dirubahnya kebiasaan makan. Supaya tidak terasa sulit lakukanlah secara bertahap dengan cara mengubah kebiasaan makan yang kamu anggap paling mudah. Jika telah berhasil maka teruskan ke tingkat kebiasan makan yang kamu anggap sulit. 

2. Tidak Melewatkan Sarapan, Makan Siang, Ataupun Makan Malam


Seorang ahli diet di Rush University Medical Center di Chicago yaitu Jennifer Ventrelle, RD, CPT, menyarakan kamu untuk makan dengan jumlah karbohidrat yang sama dan pada waktu yang hampir sama juga setiap harinya. Menurut dirinya pasien diabetes akan lebih mudah mengontrol gula darahnya supaya tetap normal jika mereka konsisten ketika makan itu dengan jumlah karbohidrat dan waktu yang sama setiap harinya itu. 

3. Memperhatikan Asupan Karbohidrat 


Karbohidrat adalah nutrisi penting didalam makanan yang dapat meningkatkan glukosa darah ataupun gula darah setelah makan. Karbohidrat yang kamu makan tidak akan terlalu tinggi menaikkan gula darah. Dan akan berjalan dengan cepat jika kamu memiliki kesediaan insulin yang cukup dan siap ketika dibutuhkan. Cobalah mempelajari cara menghitung gram karbohidrat didalam makanan yang akan dimakan. Kemudian beri jumlah berapa gram karbohidrat yang dibutuhkan atau yang ingin dikonsumsi. 

4. Memilih Makanan Tinggi Serat 


Adanya sebuah penelitian yang menunjukkan jika mengkonsumsi makanan dengan serat yang cukup dapat membantu kamu untuk bisa tetap hidup sehat. Serat ini dapat membantu kamu untuk bisa kenyang lebih lama lagi, mengurangi lemak darah, membantu menurunkan gula darah, dan juga mengurangi resistensi insulin. Dengan mengkonsumsi cukup serat maka akan dapat membantu mencegah penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan juga kanker usus besar. Tetapi untuk bisa mendapatkan manfaat ini, kamu harus konsisten untuk mengkonsumsi cukup serat. 

5. Mengelola Stress 


Perlu kamu ketahui jika stress dapat menaikkan kadar gula darah, begitu juga dengan tekanan darah dan detak jantung. Supaya tubuh dan pikiran tetap sehat maka sangat penting untuk kamu mempelajari bagaimana caranya untuk mengurangi stress. Harus ditemukannya cara yang sehat untuk mengelola diabetes yang dialami dengan lebih baik dan juga memperbaiki kesehatan mental dan emosional kamu.

Selain itu masih ada cara mudah dan tepat lainnya untuk menjaga kadar gula darah tetap normal yaitu dengan menggerakkan tubuh. Supaya pasien diabetes tetap sehat, maka mereka harus aktif bergerak, setidaknya mereka harus meluangkan waktu 30 menit setiap hari untuk aerobic atau olahraga yang berkaitan dengan daya tahan seperti mendorong, menarik, mengangkat, sebanyak 2 hingga 3 kali didalam seminggu.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar