Jenis-Jenis Obat Sembelit Atau Obat Pencahar Berikut Cara Kerjanya

Desember 17, 2019
Obat sembelit dan susah bab ada beraneka ragam macamnya. Jenis obat pencahar ini dibedakan berdasarkan cara kerja atau reaksinya dalam mengatasi sembelit. Sehingga sebelum memilih obat sembelit yang ingin dibeli, ada baiknya anda paham cara kerja obat tersebut. Secara medis, berbagai jenis obat sembelit ini dibuat karena kebutuhan penanganan yang berbeda untuk tiap pasien. 

Untuk berbagai informasi obat-obatan bisa dibaca lengkap di web sumber gue sehat. Berikut adalah daftar jenis obat sembelit atau pencahar serta cara kerja obat tersebut:

  • Obat sembelit jenis Laksatif Bulk



Dalam dunia farmasi disebut juga bulk-forming laxatives. Komposisi obat ini adalah berbagai serat dari ramuan-ramuan tertentu. Kerja dari jenis obat ini adalah meningkatkan volume atau asupan air dan kelembapan dalam tinja atau feces. Sehingga akan membuat feces menjadi besar dan lembut dan membuat usus terangsang untuk berkontraksi. 

  • Obat sembelit jenis osmotik



Obat ini biasanya dikemas dalam bentuk tablet. Biasanya akan bereaksi sekitar 20-30 menit setelah dikonsumsi. Cara kerja dari obat ini adalah meningkatkan jumlah air dalam feces untuk melunakkan feces yang keras. Selain itu obat ini juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi kram perut dan susah buang angin. 

  • Obat sembelit jenis lubrikan 



Obat ini bisanya tersedia dalam bentuk cair atau sirup. Dan akan bekerja dalam waktu 4-5 jam setelah dikonsumsi. Cara kerja obat ini adalah dengan menghasilkan minyak yang akan melicinkan dinding-dinding usus. Namun perlu diketahui, bahwa obat jenis ini tidak boleh atau dilarang digunakan dalam jangka waktu panjang. Harus sesuai resep dan anjuran dokter. 

  • Obat sembelit jenis stimulan



Obat ini biasanya dalam bentuk pil. Cara kerja yang utama obat ini adalah dengan cara merangsang otot-otot usus. Otot-otot usus akan berkontraksi dan akan membuat penggunanya mulas atau ingin buang air besar. Obat ini cukup beresiko digunakan jika tanpa anjuran dan resep dokter. Karena obat ini juga digunakan sebagai obat pencuci perut. 

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »