Cara Membuat Tape Singkong Anti Gagal di Rumah Saja


Ada begitu banyak jenis makanan yang terbuat dengan bahan dasar ssingkong, salah satu makanan ini adalah tape singkong. Sebuah kudapan yang ssangat nikmat disantap karena cita rasanya yang begitu nikmat, namun sayangnya tidak banyak yang menjual kudapan enak ini dan bahkan sekarang ini sudah sangat sulit ditemukan.


Namun Anda tidak perlu khawatir sebab Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, sebab pada dasarnya cara membuatnya sangat mudah namun tetap harus dilakukan dengan baik sebab memiliki peluang kegagalan. Untuk memperkecil kegagalan yang bisa terjadi maka ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan seperti menggunakan wadah kedap udara ketika proses fermentasi, kedua sebaiknya menggunakan singkong jenis mentega atau singkong madu.


Selain itu Anda juga harus memperhatikan kebersian dari peralatan, tangan, maupun bahan harus dalam keadaan yang benar-benar bersih dan akan secara otomatis gagal jika terdapat bakteri lainnya. Tips selanjutnya yakni jangan sekali-kali menyentuh singkong menggunakan tangan pada saat proses pemberian ragi, Anda bisa menggunakan sarung tangan atau plastic ketika ingin memberikan ragi. Tips yang terakhir yakni tambahkan gula pasir sebanyak 2 sendok makan sesuai dengan selera Anda.


Membuat tape dalam jumlah banyak untuk jadi stok di rumah memang sangatlah bermanfaat karena tape singkong sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda, manfaat ini Antara lain:

  1. Tape singkong dapat mmberikan kehangatan pada tubuh Anda 
  2. Baik untuk mengurangi jerawat 
  3. Mampu memperlancar pencernaan tubuh Anda 
  4. Baik untuk perkembangan otot dan syaraf 
  5. Sumber probiotik yang baik untuk tubuh 
  6. Sumber energy 
  7. Mampu mencegah anemia 


Oleh karena banyaknya manfaat maka simak informasi berikut ini menyenai cara membuat tape singkong anti gagal.


Bahan

Ada beberapa bahan yang harus Anda peersiapkan yakni:


-2,5 butir ragi tape asli
-2,5 kg singkong jenis apapun sesuai selera Anda
-Daun Pisang
-Gula Halus

Cara Membuat

  • Kupas singkong dan potong sesuai selera yang Anda inginkan. 
  • Keruk bagian permukaan atas singkong kemudian cuci dengan sebersih-bersihnya, jangan biarkan tersisa lendir atau getah singkong. 
  • Kukus singkong hingga matang namun jangan sampai terlalu matang, bila sudah matan maka angkat dan dinginkan dengan suhu ruang. 
  • Haluskan ragi hingga berbentuk seperti tepung. 
  • Siapkan wadah yang berukuran besar kemudian alasi dengan daun pisang yang telah Anda bersihkan terlebih dahulu, kemudian atur singkong ke dalam wadah sambil memberikan ragi disetiap permukaan singkong hingga singkong habis tersusun rapi. 
  • Taburkan gula halus pada bagian atas 
  • Tutup wadah menggunakan daun pisang kemudian tutup kembali bagian atasnya menggunakan tutup panic ataupun tutup wadah yang Anda gunakan.


Demikianlah informasi mengenai cara membuat tape singkong anti gagal yang dapat Anda praktekkan sendiri di rumah.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »