3 Tahapan Pengolahan Data Yang Harus Kamu Ketahui


Data merupakan sebuah bahan penting dalam menentukan keputusan. Banyaknya data yang dimiliki akan membuat keputusan yang diambil berdasarkan data tersebut akan menjadi lebih baik. Akan tetapi data yang dimiliki tidak serta merta bisa langsung, harus ada beberapa tahapan proses yang kita lakukan agar bisa menghasilkan output data yang berkualitas.


Proses pengolahan data terdiri dari 3 tahap dasar, yang dikenal dengan siklus pengolahan data, yaitu input, processing, dan output. Masing-masing dari pada proses tersebut akan secara langsung menyeleksi data yang kita miliki agar dapat kita gunakan. Beberapa orang juga menggunakan edge data center untuk menyimpan aset data mereka agar bisa digunakan di kemudian hari.
 

Siklus pengolahan data

Tiga tahap dasar dari siklus pengolahan data  dapat dikembangkan lebih lanjut. Siklus pemrosesan data yang dikembangkan (extended data processing cycle) dapat ditambahkan ke dalam tiga fase atau lebih, yaitu inisialisasi, penyimpanan, dan pengiriman.
 

Siklus pemrosesan data yang dikembangkan.

Origination. Langkah ini melibatkan proses  pengumpulan data yang biasanya merupakan proses penulisan data ke dalam dokumen yang mendasarinya. 


Data Input. Langkah ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer melalui alat input. 


Processing. Langkah ini merupakan  pengolahan  data yang  dimasukkan yang dilakukan oleh perangkat pengolah, yang dapat berupa perhitungan, perbandingan, klasifikasi, pengurutan, manipulasi, atau pencarian memori. 


Output. Tahapan ini merupakan proses menghasilkan suatu keluaran dari hasil pengolahan data ke alat keluaran yang berupa informasi.
Distribution. Langkah ini merupakan proses pendistribusian hasil kepada pihak-pihak yang berkepentingan dan terinformasi. 


Storage. Langkah ini merupakan proses menyimpan hasil pengolahan ke memori eksternal (storage). Hasil  pengolahan yang disimpan di gudang dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk proses selanjutnya. 

Pada gambar, dua panah muncul berlawanan arah, menunjukkan bahwa hasil pemrosesan dapat disimpan ke arsip dan dapat diambil  untuk pemrosesan data lebih lanjut.


Saat ini perusahaan rintisan yang berbasis teknologi atau start-up di Indonesia bahkan dunia, membutuhkan banyak sekali data pelanggan sebagai sebuah aset yang nantinya dapat digunakan untuk keperluan pemasaran. Dalam kasus ini proses pengolahan data seperti di atas akan sangat terpakai. Tidak hanya itu saja, di banyak perusahaan dengan lini bisnis yang berbeda seperti perbankan, finance dan lain sebagainya juga akan sangat membutuhkan teknik pengolahan data yang baik dan benar untuk keperluan bisnis mereka.


Oleh sebab itu pengolahan data yang dilakukan oleh tenaga manusia seperti data analyst, data scientist dan lain sebagainya akan sangat di butuhkan di berbagai macam perusahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini juga sudah banyak alat atau perangkat lunak seperti data extraction software yang bisa kamu gunakan untuk membantu keperluan pengolahan data tersebut.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »