Cara Memilih Printer Terbaik untuk Segala Kebutuhan


Baik pelajar sekolah maupun pekerja kantoran pastinya perlu untuk mencetak dokumen untuk keperluannya. Keberadaan printer saat ini memang terbukti sangat membantu. kamu bahkan bisa membeli printer pribadi untuk digunakan sendiri di rumah. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot cari tempat yang menyediakan layanan print untuk mencetak dokumen penting. Tapi, tahukah kamu cara memilih printer yang tepat?


Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Printer Terbaik

Dengan banyaknya pilihan printer di luar sana, ada kalanya Anda merasa kebingungan. Memilih printer yang tepat memang harus mempertimbangkan banyak hal. Yaitu:


1.    Pilih Jenis Printer Sesuai Kebutuhan

Saat ini ada banyak sekali jenis printer yang beredar di pasaran. Printer tipe inkjet misalnya, sudah sangat lama merajai dunia printer di Indonesia. Tapi, baru-baru ini jenis printer ink tank juga mengalami peningkatan popularitas. Dari segi banyak hal, jenis printer ink tank ini memang lebih baik dibandingkan model inkjet. 


Printer jenis ink tank punya biaya operasional yang lebih terjangkau. Misalnya, dari segi pembelian tinta isi ulang saja, printer ink tank terbukti lebih hemat. Proses pengisian tinta dan penggantian kepala cartridge juga sangat mudah. Kamu bisa kok melakukannya sendiri di rumah. Sehingga, tak heran jika printer ini banyak digunakan untuk kebutuhan mencetak dokumen di rumah. Kecepatan mencetak dari printer jenis ini juga luar biasa. Jadi, sangatlah bisa diandalkan saat kamu perlu mencetak dokumen dadakan.


2.    Pilih Jenis Printer dengan Fitur Wireless

Ingin cari printer yang lebih mudah untuk dibawa kemanapun? Jenis printer wireless bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Printer ini memungkinkan kamu untuk langsung mencetak dokumen langsung dari perangkat smartphonemu. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot menyambungkan flashdisk atau smartphone ke perangkat komputer atau laptopmu terlebih dulu. Untuk menjalankan printer ini, kamu cuma perlu koneksi Wi-Fi saja. Sangat praktis, bukan?


3.    Pilih Printer yang Multifungsi

Saat memilih printer, jangan lupa untuk mempertimbangkan fungsi printer tersebut. Kalau kamu hanya butuh printer untuk cetak dokumen, sah-sah saja memilih printer dengan satu fitur saja. Tapi, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan beli printer yang multifungsi. Printer multifungsi tidak cuma punya fitur mencetak dokumen saja. Dengan printer tersebut, kamu juga bisa melakukan scanning dokumen hingga fotokopi. Ini tentunya sangat berguna saat kamu harus mengunggah dokumen penting untuk kebutuhan birokrasi. 


4.    Pilih Printer yang Mudah Dioperasikan

Kamu juga harus pilih printer yang mudah untuk dioperasikan. Dalam hal ini misalnya, pilihlah printer yang memudahkan dalam hal penggantian ink absorber. Ink absorber adalah komponen yang sangat penting di dalam printer. Ink absorber berbentuk seperti bantalan yang berfungsi untuk menyerap kelebihan tinta dan mencegah kartrid tertutup tinta kering. 


Untuk mengganti ink absorber pada printer CANON PIXMA, matikan dulu kabel power. Atau, cabut kabel USB yang menghubungkan antara printer dengan komputermu. Setelah itu, buka baut absorber yang lokasinya ada di belakang printer. Buka bagian cover absorber dan tarik unit absorber tersebut. Lakukan dengan hati-hati, ya! Setelah itu, ganti dengan absorber yang baru. Waspada, ada beberapa bagian yang nggak boleh disentuh dengan tangan. Pasangkan kembali absorber ke tempatnya semula. Jangan lupa buat memasang baut penguncinya dengan rapat.


Itulah ulasan tentang cara memilih printer multifungsi terbaik. Ternyata, memang memilih printer tidak bisa asal beli saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti jenis printer, kegunaannya, hingga fitur-fitur yang kamu butuhkan. Semoga dengan ulasan di atas, kamu tidak kesulitan lagi dalam memilih produk printer yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »