Apakah Sulit Melakukan Perawatan Pada Mobil Hybrid? Ini Jawaban Lengkapnya


Teknologi yang digunakan pada mobil terus berkembang, perkembangan terbaru yang bisa dilihat langsung adalah kehadiran dari mobil hybrid. Mobil yang satu ini menggunakan tenaga listrik yang dipadukan dengan tenaga bensin sehingga dapat dikatakan lebih ramah lingkungan dibanding mobil dengan mesin bensin. Apalagi sekarang sudah banyak mobil hybrid yang dijual beragam dan juga terjangkau dalam hal harga. Tetapi belum banyak yang tahu mengenai mobil hybrid, karena teknologi ini termasuk baru sehingga wajar jika belum banyak yang tahu. Bahkan ada yang beranggapan bahwa merawat mobil hybrid itu sulit dan juga mengeluarkan biaya yang lebih mahal. Sebelum melanjutkan tentang cara merawat mobil dengan teknologi terbaru ini, ada baiknya untuk mengetahui cara kerja dari mesin hybrid yang akan dijelaskan lengkap dibawah ini.


Cara kerja mobil hybrid


Mobil hybrid berbeda dengan mobil listrik karena hybrid bukan hanya menggunakan baterai tapi masih menggunakan bensin untuk menjalankan mobil. Adanya motor listrik di kendaraan hybrid tentunya berfungsi sebagai penggerak tambahan saat diperlukan. Selain berfungsi mengaktifkan semua komponen di mobil, motor listrik juga bisa membuat mobil melaju. Saat baterai dan motor listrik perlu daya tambahan untuk bisa melaju dengan lebih cepat maka mesin bensin akan otomatis aktif untuk membantu akselerasi.


Sistem kerja mobil hybrid berawal dari motor listrik untuk kecepatan yang rendah seperti saat mobil baru dihidupkan atau ketika di jalanan yang macet sehingga kondisinya stop and go. Lalu jika pengemudi ingin melaju kencang di jalan maka mesin bensin akan langsung bekerja dengan maksimal. Melalui sistem ini, tentunya pengeluaran bensin pada mobil hybrid akan jauh lebih sedikit dibanding mobil dengan mesin bensin. Ini menjadi kelebihan utama dan paling penting dari penggunaan mesin hybrid dibanding bensin.


Lalu apakah sulit merawat mobil hybrid?


Setelah tahu cara kerja dan keunggulan hybrid, pertanyaan yang akan muncul selanjutnya adalah apakah sulit merawat mobil jenis hybrid? Jawabannya tidak sulit karena tidak jauh berbeda dengan perawatan pada mobil yang menggunakan bensin. Tetapi ada satu komponen yang wajib selalu dicek di mobil hybrid yaitu pendingin filter kipas yang letaknya ada di bawah kursi. Filter kipas ini harus dikeluarkan lalu dibersihkan yang bertujuan agar komponen baterai menjadi awet.


Untuk waktu penggantian komponen filter kipas minimal 6 bulan sekali tetapi jika sebelum 6 bulan sudah kotor maka sebaiknya ganti baru saja. Harga dari komponen ini juga tidak mahal karena dijual dengan harga berkisar 60 ribu rupiah saja. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah jangan mencuci bagian ruang mesin hybrid dengan air karena bisa merusak sistem elektrik. Sebaiknya gunakan lap dengan kondisi setengah basah untuk membersihkan area mesin.


Setelah tahu keunggulan dari mobil hybrid dan tertarik untuk membelinya maka bisa cek di platform mobbi. Platform yang menyediakan banyak sekali kendaraan bekas termasuk mobil hybrid yang dijual dengan harga lebih murah dibanding yang baru. Platform yang sebelumnya memiliki nama brand mo88i ini juga menyediakan aplikasi beserta situs resmi untuk memudahkan setiap orang cek harga mobil bekas kapan saja.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »